Puncak Perayaan Natal, Presiden Jokowi Malah Kena "Bentak" Fiorentina

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan umat Kristiani saat perayaan Natal Nasional 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019). - ANTARA / Arif Firmansyah
28 Desember 2019 16:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ada yang unik pada Perayaan Natal Nasional 2019 yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jumat (27/12) malam. Jokowi sempat mendapat “bentakan” dari peserta.

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara itu dan memberikan pidato, memanggil tiga orang yang datang dari daerah yakni Ambon, Nias, dan NTT.

Satu yang paling menyedot perhatian adalah seorang gadis asal NTT bernama Fiorentina. Ia begitu bersemangat saat Jokowi bertanya adakah yang berasal dari NTT.

Perempuan itu berlari ke depan dengan bertelanjang kaki agar bisa leluasa bergerak. Barangkali sepatu berhak tingginya menghalangi geraknya untuk bisa sampai ke depan maka ia lepaskan.

Ketika tiba di depan panggung, Jokowi pun bertanya kepadanya mana sepatunya dan ia hanya tersenyum. Gaya gadis berambut ikal khas perempuan Timor itu pun mengundang gelak tawa para hadirin.

Drama perempuan berbaju putih itu belum usai, saat Presiden menanyai siapa namanya terjadi insiden yang tak kalah lucu. Hingga Jokowi kaget karena perempuan itu seperti membentaknya lantaran salah menyebut nama.

“Sebutkan siapa namanya?” tanya Presiden, lalu ia menyebutkan namanya yang sangat panjang dengan begitu cepat.

“Kok cepat banget, namanya siapa? Dipanggilnya siapa?” tanya Jokowi.

“Nama saya Fiorentina,” jawabnya.

“Florentina? Violet?” tanya Jokowi lagi.

“Fiorentina!!!” ucapnya seperti membentak, Jokowi kaget dan tersenyum, lalu semua yang hadir tertawa.

“Saya Presiden, kok, dibentak,” kata Jokowi yang disambut tawa seperti tak henti.

“Dibentak atau mic-nya yang...”

“Itu mic-nya Pak,” kata Fiorentina sambil tertawa.

“Ini spontan jadi saya bingung mau tanya apa, dari NTT dulu ditanya. Sekarang kita memiliki Kabinet Indonesia Maju. Sebutkan tiga nama menteri dan jabatannya,” tanya Presiden.

“NTT bantu jawab dong,” pinta Fiorentina.

“Di sini ada menteri semua, tanya mereka,” kata Jokowi dan tanpa menunggu lama, Fiorentina bergegas turun dari panggung dan menghampiri deretan tempat duduk para menteri.

Pertama ia menghampiri Menteri Sosial Juliari Batubara dan menanyakan nama serta jabatan. Juliari pun tampak berbisik ke Fiorentina, lalu ia mengangkat mic dan menjawab menghadap Presiden.

“Bapak Juliari Menteri Sosial,” kata Fiorentina dan disambut tawa serta tepuk tangan hadirin.

Ia kemudian bergeser ke sisi tempat duduk menteri selanjutnya yakni Menteri Agama Fachrul Razi. Menag kemudian berbisik ke Fiorentina.

“Menteri Agama Bapak Jenderal,” sebut Fiorentina spontan ribuan orang yang hadir pun tertawa terbahak-bahak termasuk Presiden Jokowi.

“Jenderal siapa?” tanya Jokowi, Fiorentina pun kembali mendekati Menag dan menanyainya.

“Jenderal Fachrul Razi,” sebut Fiorentina lalu semuanya bertepuk tangan.

Ia kemudian melangkah ke arah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, lalu Pratikno tampak membisikinya sesuatu, begitu Fiorentina akan bicara Pratikno kembali membisikinya sesuatu.

“Pak Pratikno Menteri apa Pak?” tanya Fiorentina bingung, lalu mendekati kembali Pratikno, kejadian spontan itu langsung membuat siapapun tertawa.

“Menteri Sekretaris Negara,” kata Fiorentina yang pada akhirnya bisa menjawab tiga nama menteri dan jabatannya sesuai permintaan Presiden.

Semua yang hadir pun bertepuk tangan.

“Langsung sepedanya dua sajalah,” kata Presiden kepada Fiorentina.

“Terima kasih Pak Menteri,” kata Fiorentina kepada para menteri yang tadi ditanyainya. Lagi-lagi hal itu membuat hadirin tak henti tertawa.

“Ya, beneran terima kasih sama Pak Menteri. Sepedanya dua, satu untuk Fiorentina satu untuk Pak Menteri,” kata Presiden sambil tertawa.

Sumber : Antara