Advertisement

Presiden Jokowi Tegaskan Pencalonan Bobby dan Gibran Merupakan Kompetisi

Newswire
Kamis, 12 Desember 2019 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Presiden Jokowi Tegaskan Pencalonan Bobby dan Gibran Merupakan Kompetisi Presiden Joko Widodo menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018). - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, KARAWANG- Presiden Joko Widodo akhirnya menanggapi soal pencalonan putra sulung, Gibran Rakabuming Raka, lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo, Jawa Tengah.

Terkait hal tersebut, Jokowi--sapaan karib Joko Widodo--menegaskan sudah menyampaikan bolak-balik ke wartawan untuk menanyakan langsung ke Gibran. Sebab, itu merupakan keputusan Gibran.

Advertisement

"Kan sudah saya sampaikan bolak-balik. Bahwa itu sudah menjadi keputusan. Tanyakan langsung ke anaknya," ujar Jokowi saat ditanya dalam acara ekspor perdana Isuzu Traga 2019 di Pabrik Isuzu Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Pun demikian terkait pencalonan menantunya, Bobby Nasution dalam pemilihan Wali Kota Medan. Meski dua anggota keluarganya 'nyalon', Jokowi menampik adanya dinasti politik.

Menurut Jokowi, hal tersebut merupakan kompetisi. Alhasil, semuanya diserahkan kepada pilihan rakyat. Sebab, imbuh Jokowi, ini merupakan kompetisi, bukan penunjukkan semata.

"Itu kan sebuah kompetisi. Kompetisi bisa menang bisa kalah. Terserah rakyat yang memiliki hak pilih. Siapapun punya hak pilih dan dipilih. Ya kalau rakyat ga memilih gimana. Ini kompetisi bukan penunjukkan. Beda. Tolong dibedakan," tutur Jokowi.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sudah resmi menjadi bakal calon (balon) wali kota Solo dari PDI Perjuangan pada Pilkada 2020 mendatang.

Kepastian ini diperoleh setelah Gibran mendaftar di Kantor DPD PDIP Jateng atau yang kondang dengan sebutan Panti Marhaen, Kota Semarang, Jateng, Kamis (12/12/2019).

Gibran datang ke Panti Marhaen didampingi Habib Hasan Mulachela dan para sukarelawannya. Ia datang mengenakan seragam PDIP Jateng berwarna merah dan celana hitam.

Gibran disambut dengan tari gambyong yang ditampilkan beberapa penari saat memasuki area Panti Marhaen.

Begitu memasuki ruang pendaftaran, Gibran langsung mengutarakan maksud dan tujuannya kepada Ketua Panitia Pendaftaran Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah PDIP Jateng, Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement