Advertisement

Seorang Istri di Korea Tuntut Uang Cerai Rp16,8 Triliun

Denis Riantiza Meilanova
Jum'at, 06 Desember 2019 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Seorang Istri di Korea Tuntut Uang Cerai Rp16,8 Triliun Roh Soh-yeong (kanan), istri Konglomerat Korsel Chey Tae-won yang menuntut 42,3 persen saham di SK Holdings atau senilai Rp16,8 triliun - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Roh Soh-yeong, istri konglomerat Korea Selatan, Chairman SK Group Chey Tae-won, menuntut 42,3% kepemilikan saham suaminya di SK Holdings Co. dalam gugatan cerainya.

Seperti diberitakan Mail Business Newspaper yang dikutip Bloomberg, Jumat (6/12/2019), saham yang diminta Roh tersebut bernilai US$1,2 miliar atau sekitar Rp16,8 triliun. Jika dia memenangkan tuntutannya ini, Roh akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di perusahaan setelah suaminya.

Advertisement

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Chey saat ini memiliki kekayaan sekitar US$2,8 miliar atau sekitar Rp39,2 triliun. Chey merupakan konglomerat terbesar ketiga Korea Selatan yang memiliki bisnis chip memori untuk telekomunikasi.

Mengenai kabar ini, juru bicara Grup SK menolak berkomentar. Roh yang merupakan putri mantan presiden Roh Tae-woo, juga tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Adapun Chey telah mengupayakan penyelesaian perceraian melalui mediasi pengadilan pada 2017. Namun karena pasangan itu gagal mencapai kesepakatan, kasus itu kembali ke pengadilan, menurut kantor berita Yonhap.

Pada 2015, Chey mengirim surat setebal tiga halaman ke surat kabar lokal Segye Ilbo, mengungkapkan ia memiliki anak yang lahir di luar nikah dan menyatakan niatnya untuk berpisah dari Roh.

Sementara itu, dalam sebuah postingan Facebook setelah mengajukan tuntutannya, Roh mengisyaratkan dia siap untuk move on setelah bertahun-tahun menunggu dengan harapan untuk memperbaiki pernikahan.

"Tapi sekarang saya tidak melihat ada harapan lagi," tulisnya. "Aku sekarang berpikir bahwa membiarkan suamiku untuk pergi menemukan kebahagiaan yang sangat ia inginkan."

Chey dan Roh bertemu saat belajar di Universitas Chicago dan menikah pada tahun yang sama ketika ayah Roh dilantik sebagai presiden Korea Selatan pada 1988. Mereka memiliki seorang putra dan dua putri.

Perceraian 'mahal' sebelumnya terjadi pada pasangan MacKenzie Bezos dan pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos pada awal tahun ini. MacKenzie mendapat 4 persen saham Amazon dalam perceraiannya. Itu membuatnya menjadi wanita terkaya kelima di dunia dengan kekayaan bersih US$35,4 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement