Haramkan Olahraga Catur, Ini Klarifikasi UAS

Abdul Somad - Antara/Rahmad
24 November 2019 19:37 WIB Ginanjar Saputra News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Abdul Somad, pendakwah yang terkenal dengan nama Ustaz Abdul Somad (UAS) mengklarifikasi pernyataannya yang mengharamkan catur.

Klarifikasi itu diungkapkan Ustaz Abdul Somad pada video yang diunggah di akun Twitter mantan Ketua DPR Marzuki Alie, @marzukialie_MA, Minggu (24/11/2019). Marzuki menjelaskan UAS memberikan klarifikasi saat ceramah di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Di Ponpes Gontor, Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan tentang catur yang haram. Penjelasan UAS ini langsung di depan KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Ponpes Gontor. Silakan disimak, supaya @Kemenag_RI tidak salah dalam menyikapi ceramah @ustadabdulsomad,” tulis Marzukie pada keterangan video.

Pada video itu, Abdul Somad menjelaskan ceramahnya soal catur haram ia utarakan pada 2017 silam. Abdul Somad mengharamkan catur. La ilaha illallah. Itu kan ceritanya 2017,” ujar UAS.

Ia mengatakan permainan catur haram jika pemainnya sampai lupa waktu dan lupa beribadah.

“Dua tahun lalu ada yang bertanya, ‘Bagaimana pak ustaz, suami saya main catur sampai enggak mencari nafkah, sampai enggak salat?’ Maka menurut Imam Hanafi kalau di dalamnya ada unsur judi, melalaikan salat maka jatuhnya haram, kalau Syafi'i makruh saja,” ungkapnya.

Abdul Somad menyayangkan pihak yang gagal memahami ceramahnya.

“Tapi kok ada orang yang bukan gagal paham, kalau ada orang gagal paham kita kasih paham, ada orang yang cari makan, ditulis, dipotong, diobrak abrik untuk menambah viral,” katanya.

Sumber : JIBI/Solopos