Advertisement

Pemerintah Bantah Ada Desa Siluman, Kemendagri: Sedang Perbaikan Administrasi

Newswire
Selasa, 12 November 2019 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Pemerintah Bantah Ada Desa Siluman, Kemendagri: Sedang Perbaikan Administrasi Foto - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemerintah membantah ada desa fiktif yang dikabarkan menerima aliran dana desa.

Kementerian Dalam Negeri mengimbau untuk tidak ada lagi penyebutan desa fiktif, ataupun desa hantu atau siluman yang diduga terdapat di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan. Ia pun memastikan bahwa desa itu ada, namun sedang dalam perbaikan administrasi.

"Kami sepakat mengatakan persoalan istilah desa fiktif jangan ada kalimat seperti itu lagi. Desa siluman sebaiknya tidak, desa itu adalah desa yang sedang perbaikan administrasi," ucap Nata di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Kendati demikian, untuk detail dari desa tersebut, Nata mengungkapkan bahwa hingga saat ini, pihaknya masih berada di sana untuk melakukan peninjauan ke lima desa.

"Nanti kita lihat dilapangan seperti apa, tentu kita akan komunikasikan yang jelas keberadaan desa itu ada, baru kemudian kalau orang katakan oh orangnya enggak ada baru kita mau lihat disebabkan karena apa, nanti tim kami menjawab," paparnya.

Mengenai aliran dana ke desa tersebut, Nata menyebutkan bahwa dirinya belum bisa menjelaskan ke publik, karena masih menunggu pendalaman yang dilakukan oleh tim gabungan yang dibentuk Kemendagri.

"Tetapi kalau nanti masuk lebih jauh terkait dengan dana desa itu juga tentu akan kita lihat setelah hasil tim gabungan dari kementerian dalam negeri terdiri dari Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Administrasi Wilayah, dan tim kami sendiri dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa," tutup Nata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement