Advertisement

Tak Diagendakan dalam Kongres NasDem, 7 DPW Usulkan Surya Paloh Jadi Capres 2024

Newswire
Minggu, 10 November 2019 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
Tak Diagendakan dalam Kongres NasDem, 7 DPW Usulkan Surya Paloh Jadi Capres 2024 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem yang digelar 8-11 November itu mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam Kongres Ke-2 Partai NasDem, muncul usulan Surya Paloh untuk menjadi calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Usulan muncul dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem.

"DPW mengusulkan kembali Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem 2019-2022 dan ada tujuh di antaranya juga mengusulkan [Surya Paloh] sebagai capres pada 2024," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G. Plate di area Kongres Ke-2 Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Advertisement

Seperti dilansir Antara, dia menyebutkan ketujuh DPW yang menyampaikan usul tersebut antara lain Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jambi, dan Gorontalo.

Namun, usulan tersebut masih ditampung karena agenda pembahasan capres tidak ditetapkan dalam empat rapat pleno. Johnny menerangkan pembicaraan terkait capres 2024 akan berkembang di rapat komisi dan rapat pleno selanjutnya, yang digelar pada Minggu (10/11/2019).

Adapun para pemberi usul belum bertanya kepada Surya Paloh terkait kesediaannya menjadi capres 5 tahun lagi. Meski demikian, ada beberapa mekanisme pencalonan presiden, salah satunya lewat proses demokratisasi bottom up.

"Sehingga bisa saja memilih model konvensi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, dunia perguruan tinggi, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, pegiat sosial lembaga swadaya, rekan-rekan partai politik, organisasi massa untuk berpartisipasi dalam konvensi," papar Johnny.

Dia mengemukakan konvensi memang menjadi salah satu opsi. Tetapi, untuk pencalonan presiden 2024, Partai NasDem disebut masih menunggu perkembangan politik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement