Advertisement

Indonesia Dorong Perempuan Ikut Tangani Kekerasan Seksual

Hadijah Alaydrus
Sabtu, 09 November 2019 - 04:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Indonesia Dorong Perempuan Ikut Tangani Kekerasan Seksual Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) bersiap mengikuti upacara peringatan HUT Ke-70 Polwan di Monas, Jakarta, Senin (3/9/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG – Indonesia melalui Dewan Keamanan PBB, mendorong peningkatan representasi perempuan dalam UN Police (UNPOL) untuk menjaga keamanan dan menangani masalah kekerasaan seksual.

“Keberadaan polisi perempuan akan meningkatkan kinerja misi, termasuk dalam perlindungan masyarakat sipil dan penanganan kekerasan seksual”, ujar Deputi Wakil Tetap Indonesia di PBB Dubes Muhsin Syihab dalam siaran pers Kemenlu RI, Jumat (8/11/2019).

Advertisement

Selain itu, dia menuturkan UNPOL harus aktif dalam melakukan community engagement dan mendukung penguatan kapasitas polisi lokal di Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP).

Menurutnya, community engagagement sangat krusial untuk membangun kepercayaan dari masyarakat.

Indonesia berpartisipasi dalam briefing DK PBB mengenai UN Police (UNPOL) yang diadakan di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat (06/11/2019).

Pertemuan membahas membahas berbagai tantangan dan upaya perkuat peran komponen polisi dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP) PBB di berbagai lokasi.

Hingga saat ini, Indonesia telah berkontribusi sebagai kontributor police peacekeeping sejak tahun 1989. Sebanyak 326 personil polisi Indonesia, termasuk 42 polisi perempuan, yang bertugas di enam misi pemeliharaan perdamaian PBB yaitu UNAMID, MINUSCA, MINUSCO, MINUSMA, UNMISS, and UNMHA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement