Advertisement

Wapres Targetkan Angka Stunting di Indonesia 20%

Newswire
Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wapres Targetkan Angka Stunting di Indonesia 20% Ilustrasi stunting. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BALI - Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, menargetkan angka prevalensi anak dengan pertumbuhan kerdil alias stunting di Indonesia turun hingga 7%  untuk mencapai 20%. Angka 20% setara dengan ambang batas yang ditetapkan WHO.

“Kita ingin yang sekarang 27 persen itu, kita turunkan menjadi 20 persen, sesuai dengan standar internasional. Jadi kita harus menurunkan tujuh persen,” kata dia, usai meninjau layanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Desa Pecatu Bali, Kamis (31/10/2019). 

Advertisement

Menurut dia, upaya-upaya yang dilakukan selama ini sudah cukup efektif untuk menurunkan angka anak kerdil di Indonesia, meskipun belum mencapai target ambang batas WHO.

Untuk itu, dia mengatakan program pencegahan anak dengan pertumbuhan kerdil akan terus dilakukan sambil mencari inovasi baru, serta meningkatkan upaya pencegahan.

“Jadi bagaimana menangani stunting mulai dari remajanya, pranikah sampai nikah, waktu hamil; bahkan ketika diketahui stunting, masa usia awal, itu sudah dilakukan intervensi untuk menurunkan stunting, kalau bisa stunting-nya dieliminasi,” katanya.

Ia juga mengapresiasi upaya pemerintah Provinsi Bali dalam menurunkan angka anak dengan pertumbuhan kerdil hingga mencapai 16 persen. Upaya pemerintah Provinsi Bali tersebut akan diterapkan, khususnya daerah dengan angka anak kerdil tinggi, sehingga jumlah anak kerdil di Indonesia semakin berkurang.

Usai melakukan peninjauan di Puskesmas Desa Pecatu, dia bersama rombongan kembali ke Jakarta untuk melanjutkan agenda rapat terbatas di Kantor Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement