Tiga Parpol Siap Dukung Gibran di Pilkada

Gibran Rakabuming Raka (keempat dari kanan) saat berbicara di Ponpes Al Muayyad Mangkuyudan, Solo, Sabtu (26/10/2019). - Solopos/Ichsan Kholif Rahman
29 Oktober 2019 17:37 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tiga partai politik (parpol) nonparlemen siap mendukung Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Solo 2020.

Ketiga parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Solo itu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya sudah ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memiliki satu kursi di DPRD Solo menyatakan siap mendukung Gibran.

Ketiga parpol nonparlemen itu siap membantu Gibran memenuhi syarat dukungan maju dari jalur perseorangan bila tidak mendapatkan rekomendasi DPP PDIP.

“Kami mendukung Gibran, apakah dia maju lewat PDIP atau non-PDIP. Sudah saatnya Solo dipimpin sosok muda, kreatif, dan inovatif. Dengan kreativitasnya, Solo akan melakukan terobosan-terobosan untuk maju,” ujar Ketua DPC PPP Solo, Edy Jasmanto, saat diwawancarai Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (29/10/2019).

Edy menilai sosok pemimpin muda seperti Gibran mempunyai banyak keunggulan seperti pemikiran yang segar, berani, dan enerjik. Satu-satunya kekurangan figur muda adalah pengalaman di bidang pemerintahan.

Tetapi kekurangan itu menurut dia bisa ditutup seiring berjalannya waktu dia menjadi kepala daerah. “Kalau dengan kekurangan itu tak boleh mencalonkan ya bagaimana bisa punya pengalaman. Sekolahnya ya dengan jadi wali kota,” sambung dia.

Mantan legislator DPRD Solo periode 2014-2019 tersebut mengatakan dukungan untuk Gibran merupakan sikap kader akar rumput dan elite pengurus PPP Solo. Pada Pemilu 2019 lalu PPP Solo meraup sekitar 11.500 suara.

Suara tersebut siap membantu Gibran untuk memenuhi syarat minimal dukungan bila maju dari jalur independen. Pernyataan senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto.

Menurut dia, sedari awal Demokrat konsisten mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu maju Pilkada Solo 2020. Sosok muda yang kreatif dan inovatif dibutuhkan untuk memimpin Solo ke depan agar semakin maju dan berkembang.

“Sosok Gibran yang kami nilai punya potensi paling besar untuk membawa Solo berkembang dan maju di berbagai sektor mulai dari pariwisata, budaya, olah raga, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat,” ujar Supriyanto.

Partai Demokrat berharap Gibran berpasangan dengan sosok yang sudah punya pengalaman di bidang pemerintahan dan politik. Tujuannya agar mereka bisa saling melengkapi kekurangan sebagai pemimpin Solo.

Sikap yang sama ditunjukkan DPC PKB Solo. Mereka lebih memilih figur muda untuk memimpin Solo lima hingga sepuluh tahun ke depan. Sosok muda lah yang mereka nilai punya peluang untuk memberikan sesuatu yang baru bagi Solo.

Sejumlah nama anak muda masuk radar DPC PKB Solo seperti Gibran Rakabuming Raka dan Evandra R.P. Subagyo. Nama yang disebut terakhir merupakan politikus muda Partai Golkar yang pada Pemilu 2019 menjadi caleg DPR Dapil V Solo.

Tapi Evandra yang seorang pengusaha itu tidak lolos ke Senayan. “Visi PKB Solo lebih ke anak muda yang bisa memberikan warna baru di Solo. Mereka punya inovasi dan kreativitas,” tutur Ketua DPC PKB Solo, Mohamad Rofik.

Sumber : JIBI/Solopos