Advertisement

Ini Sosok yang Diprediksi Bakal Jadi Kapolri Desember Nanti

Sholahuddin Al Ayyubi
Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Sosok yang Diprediksi Bakal Jadi Kapolri Desember Nanti Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kanan) bersama Wakapolri Komjen Pol Ari Dono (kiri), Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir (kedua kiri), dan Ketua Ombudsman Amzulian Rifai (kanan) berfoto bersama seusai konferensi pers akhir tahun Polri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/12/2018). - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto resmi ditunjuk Presiden Jokowi untuk jadi Plt Kapolri menggantikan posisi Jenderal Muhammad Tito Karnavian.

Namun, menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, Komjen Po. Ari Dono Sukmanto hanya akan mengisi jabatan Kapolri itu hingga Desember 2019 nanti, karena Ari Dono akan masuk purna tugas.

Advertisement

Neta memprediksi kandidat paling kuat untuk jadi Kapolri menggantikan Ari Dono Sukmanto adalah Irjen Pol Gatot Edy Pramono yang kini menduduki posisi Kapolda Metro Jaya.

“Kandidat terkuat yang akan jadi Kapolri di Desember nanti adalah Gatot Edy Pramono,” tutur Neta kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Sementara itu, pengganti Gatot Edy Pramono untuk jadi Kapolda Metro Jaya adalah Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudi Sufahriadi.

Kemudian, Wakapolri sendiri diprediksi diisi oleh Komjen Pol Idham Aziz yang kini menjabat sebagai Kabaresrim Polri. Seluruh rotasi itu, menurut Neta, sangat penting dilakukan untuk mengisi kekosongan dan perputaran roda organisasi agar semakin baik di kemudian hari.

“Dua nama itu adalah kandidat terkuat untuk jadi Kapolda Metro Jaya,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan Plt Kapolri akan ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres).

Menurutnya, penunjukan itu dilakukan Presiden Jokowi, setelah Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian diminta untuk jadi salah satu Menteri Presiden Jokowi selama lima tahun ke depan.

“Nanti ada penunjukan Plt Kapolri, tapi secara resminya menunggu Keppres,” tuturnya, Selasa (22/10/2019).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement