Advertisement

Terus Lakukan Inovasi, PLN Menggelar International Conference & LIKE 2019

MediaDigital
Senin, 21 Oktober 2019 - 23:32 WIB
Budi Cahyana
Terus Lakukan Inovasi, PLN Menggelar International Conference & LIKE 2019 PLN Menggelar International Conference & LIKE 2019

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional ke 74 tahun 2019, PLN  menggelar acara PLN International Conference & Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2019. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 21 - 24 Oktober di Hyatt Regency, Jogja.

PLN International Conference digelar dengan tema Technology and Policy in Energy and Electric Power merupakan International Conference yang pertama kali diadakan oleh PLN.

Advertisement

Pada konferensi ini terdapat 116 peneliti bidang kebijakan dan teknologi energi dari 8 (Australia, Malaysia, Taiwan, Jerman, China, Thailand, Amerika dan Vietnam) negara yang hadir untuk menjadi pemakalah dalam konferensi ini. Tiga paper terbaik akan mendapat penghargaan dengan total hadiah USD 4000. Konferensi ini juga berkolaborasi dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan Scientific Committee yang berasal dari UI, ITB, UGM, UNDIP, dan ITS.

Pada LIKE dihadirkan juga kompetisi karya inovasi dari seluruh unit PLN dan anak perusahaan dari 328 inovasi yang diajukan oleh unit-unit PLN di tahun 2019, telah dipilih 26 inovasi yang akan dilombakan di LIKE pada 5 cabang inovasi yaitu pembangkitan, transmisi, distribusi, technical supporting, dan non-technical supporting. Ke-26 inovasi tersebut memiliki potensi value creation sebesar Rp. 531,1 miliar. Sampai saat ini PLN terus berinovasi dan telah menghasilkan 4.030 makalah inovasi dimana 7 diantaranya sudah memiliki paten, 78 karya inovasi sedang dalam proses paten, dan 77 berupa prototype yang siap diproduksi massal. Sejumlah karya inovasi juga memperoleh penghargaan eksternal mulai dari Satya Lencana Presiden RI, Menteri ESDM, Museum MURI, HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan ASIAN Power Awards.

Untuk kriteria dan standar penelitian mengikuti standar penilaian yang dilakukan Scopus. Sedangkan kegiatan seleksi inovasi disesuaikan dengan ketentuan seleksi yang telah ditetapkan PLN.

"Dalam pelaksanaannya wadah konferensi ini akan saling melengkapi dan berjalan bersama-sama dengan beberapa konferensi yang sudah ada  sehingga dapat membentuk suatu komunitas masyarakat ketenagalistrikan yang selalu menonjolkan karakter scientific dan akademik dalam menjawab berbagai permasalahan kelistrikan di Indonesia," kata Muhamad Ali, Direktur Human Capital Management PLN

Dalam menghadapi era VUCA saat ini, PLN sedang menghadapi setidaknya lima tantangan proses bisnis, baik internal maupun eksternal. Tantangan tersebut mulai dari mencakup munculnya energi baru dan terbarukan (EBT) dalam skala besar yang mengubah pola pengoperasian dan kestabilan sistem ketenagalistrikan, amanat public service obligation dan tuntutan negara untuk menekan biaya subsidi dan melakukan efisiensi, penyelesaian program pembangunan infrastruktur 35.000 MW yang sering terkendala permasalahan non-teknis, terbitnya regulasi terkait mobil listrik yang menuntut PLN segera menyiapkan infrastruktur pendukungnya, serta kebijakan pemerintah untuk tidak menaikkan TDL pada semua golongan hingga 2019. Menjawab tuntutan ini PLN segera beradaptasi, salah satunya adalah dengan menyediakan SPKLU yang bekerjasama dengan 20 perusahaan, perbankan, juga pusat perbelanjaan.

Melalui PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, diharapkan muncul masukan-masukan terbaik kepada BOD yang dapat dipertanggung-jawabkan secara scientific serta membuka jendela informasi tentang Gain, Risk dan Mitigasinya di masa depan. Dengan demikian, PLN mampu mengelola bisnis kelistrikannya dan menatap arah ke depan dengan penuh keyakinan dan optimisme yang tinggi di tengah berbagai tantangan VUCA yang ada, sehingga pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif dalam mendorong kemajuan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement