Tak Semua yang Dipanggil Jokowi Hari Ini Jadi Calon Menteri

Ketua DPR RI Puan Maharani - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
21 Oktober 2019 18:57 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (21/10/2019) memanggil sejumlah tokoh di Istana Kepresidenan. Namun, tidak semua yang dipanggil adalah calon menteri. Selain calon menteri, Jokowi juga memanggil pimpinan DPR untuk berkonsulasi dalam penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Susunan kabinet di periode kedua pemerintahan Joko Widodo akan ada perubahan kementerian baik itu dilebur atau ditambah. Beberapa calon menteri juga dipanggil hari ini di Istana Negara.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan bahwa pimpinan DPR juga diundang presiden.

“Diundang presiden kepada pimpinan DPR sekarang untuk rapat konsultasi. Apa yang dibicarakan belum tahu. Apa hasilnya juga saya belum,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Puan menjelaskan bahwa pada 2014 saat menjabat di periode pertama, Jokowi meminta pertimbangan kepada legislatif karena ada perubahan kementerian.

“Saya juga mendengar bahwa ada perubahan nomenklatur di tahun 2019 ini. Namun terkait kementerian mana dan apa yang dilebur saya kan belum datang ke sana. Jadi belum tahu,” jelasnya.

Puan menuturkan bahwa nomenklatur kementerian tentu akan berdampak baik dari komisi di DPR itu sendiri sampai organisasi dan alokasi anggaran.

Akan tetapi ini tidak akan mengubah jumlah komisi. Sebelumnya DPR telah menetapkan ada 11. Pembidangan hingga ketuanya akan diputuskan dalam rapat paripurna.

“Semoga menteri yang dipilih oleh Jokowi di periode kedua ini adalah menteri-menteri yang punya kapabilitas dan kapasitas dan bisa beda sinergi dengan DPR. Karena sesuai dengan tupoksi masing-masing apapun kementrian itu harus menyampaikan program-program di DPR. Jadi kita harap orang-orang yang akan dipilih adalah orang-orang yang bisa sinergi dengan DPR,” ucapnya.

Sumber : Bisnis.com