Pengamanan Hotel Tempat Delegasi Menginap Diperketat

Petugas menuruni eskalator di samping hiasan bunga bergambar Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin disela gladi bersih pelantikan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
19 Oktober 2019 23:57 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Para delegasi kenegaraan yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI besok sore, Minggu (20/10/2019), menginap di sejumlah hotel mewah di kawasan DPR RI. Pengamanan di hotel tersebut pun diperketat.

Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan aparat keamanan para tamu undangan pelantikan maupun delegasi dari negeri sahabat terjamin.

Director of Communications Hotel Mulia Hanny Wahyuni Gunawan keamanan menjadi salah satu sektor utama yang diperhatikan oleh manajemen terhadap para tamu termasuk delegasi kenegaraan.

"Untuk pengamanan, kami selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan setiap tamu yang menginap di sini, serta selalu memantau situasi berdasarkan arahan dari pihak yang berwenang," katanya saat dihubungi Bisnis, Sabtu (19/10/2019).

Biasanya tingkat okupansi hotel mewah di sekitar DPR ikut melonjak seiring dengan agenda besar di gedung parlemen, tidak terkecuali agenda sakral seperti pelantikan Presiden.

Senada, Marketing Communications Manager Hotel Fairmont Jakarta Malinda Yasmin mengatakan tingkat pengamanan dilakukan oleh pihak hotel maupun aparat yang berjaga di lokasi.

"Selain memang peningkatan pengamanan disediakan khusus oleh pemerintah untuk para delegasi dan juga di area sekitar pelantikan termasuk di Senayan, dari pihak hotel juga memperketat pengamanan untuk memastikan keamanan para tamu kami selama menginap di Hotel," ujarnya.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya Kodam Jaya akan mengerahkan 31.000 personel gabungan mengamankan jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan puluhan ribu personel gabungan tersebut akan dibagi dalam tiga ring pengamanan. Ring pertama berada di gedung DPR RI, tempat dilaksanakan pelantikan.

"Itu kewenangan Paspampres yang ada di sana. Kemudian ring dua di kawasan gedung DPR. Di sana ada TNI - Polri yang menjaga di sana," katanya belum lama ini.

Adapun ring ketiga juga masih berada di sekitar kawasan gedung DPR. Pengamanan di ring ini juga dikawal oleh TNI maupun Polri. Sementara itu lalu lintas di sekitar DPR masih situasional dan sudah direncanakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Kita juga mengamankan tamu negara asing maupun pimpinan negara asing yang ada di Jakarta. Kemudian kita kawal sampai ke lokasi pelantikan di DPR," ucapnya.

Sumber : bisnis.com