Dinsos Aceh Berhasil Pulangkan 4 Warganya dari Wamena

Tim dari Dinas Sosial Aceh menyambut empat warga Kabupaten Aceh Tenggara yang tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (4/10/2019). - Bisnis/Abdu Hadi Firsawan
05 Oktober 2019 10:57 WIB Abdul Hadi Firsawan News Share :

Harianjogja.com, BANDA ACEH – Sebanyak empat warga Aceh Tenggara yang sejak tujuh tahun lalu menetap di Wamena , Papua, berhasil dipulangkan oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh. Mereka tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (4/10/2019) sore.

Keempat warga asal Aceh tersebut ialah Priska Susilawati Sitohang bersama dua anaknya Natanael Gultom dan Nasya Gultom, serta adiknya Try Sessy. Sementara suami Priska, Abner masih bertahan di tempat pengungsian di Wamena.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dinas Sosial Aceh Rohaya Hanum mengatakan sebelum dipulangkan ke Aceh keempat warga tersebut diungsikan ke Surabaya. Dinsos Surabaya dan Dinsos Aceh kemudian berkoordinasi untuk pemulangan mereka.

“Maka setelah kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial Surabaya, dan sesuai aturan yang ada Dinas Sosial Aceh memulangkan hingga ke kampung halaman,” kata Rohaya kepada wartawan di Bandara Sultan Iskandar Muda.

Rohaya menyebutkan sementara ini Kadinsos Aceh sudah mengantongi 15 nama warga Aceh yang masih berada di Provinsi Papua. Kondisi mereka saat ini aman, sehat, serta masih bisa berkomunikasi menggunakan telepon.

“Pesan Pak Kadis ke kami, beliau sudah berjumpa dengan saudara kita warga Aceh di Papua, dan kondisi mereka sehat-sehat semua,” kata Rohaya. 

Priska Susilawati Sitohang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memulangkan dirinya bersama anaknya ke Aceh. Priska belum memutuskan akan kembali ke Wamena atau tidak.

“Lihat kondisi dulu, kalau sudah membaik kami akan kembali ke sana,” ujar Priska. Ia mengaku sudah cukup nyaman tinggal di Wamena sebelum kerusahan terjadi di sana.

Sumber : bisnis.com