Kandas Jadi Ketua MPR, Cak Imin Kini Diajukan Jadi Wakil Ketua DPR

Muhaimin Iskandar - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
01 Oktober 2019 21:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak lagi digadang-gadang jadi Ketua MPR.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyodorkan nama Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar sebagai pimpinan DPR RI periode 2019-2024. Hal itu diputuskan setelah mereka menggelar rapat. Sebelumnya, Cak Imin ngebet menduduki jabatan ketua MPR dengan melobi berbagai pihak termasuk Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan bahwa dalam rapat yang dijalankan oleh PKB, ada beberapa nama yang diusulkan untuk mengisi kursi pimpinan DPR RI. Namun, nama itu akhirnya mengerucut ke satu nama yakni Cak Imin.

"Diputuskan mengerucut pada satu, nama beliau lah (Cak Imin)," kata Cucun saat dihubungi wartawan, Selasa (1/10/2019).

Surat keputusan sudah disampaikan ke bagian Sekretariat Jenderal DPR RI. Alasan PKB memilih Cak Imin untuk menjadi pimpinan DPR RI ialah karena pengalamannya menjadi anggota DPR RI selama dua periode.

Karena itu, PKB tidak khawatir dengan adaptasi Cak Imin sebagai calon pimpinan DPR RI periode 2019-2024.

"Tidak lama untuk beliau beradaptasi sudah tahu tugas dan fungsinya di DPR," tandasnya.

Untuk diketahui, pimpinan DPR RI akan dilantik malam nanti. Pimpinan DPR RI sementara, Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan bahwa sudah dapat dipastikan bahwa Ketua DPR RI akan diisi oleh Puan Maharani dari PDI Perjuangan.

Sedangkan Wakil Ketua DPR akan diisi oleh Aziz Syamsudin yang dikirimkan oleh Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra dan Rachmat Gobel dari Partai Nasional Demokrat.

Nama Cak Imin pun melengkapi jajaran pimpinan DPR RI yang akan dilantik pada pukul 19.00 WIB.

Sumber : Suara.com