Menag: MAN Insan Cendekia Adalah Bukti Besarnya Peran BJ Habibie untuk Pengembangan Madrasah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. - Suara.com/Muhaimin A Untung
12 September 2019 13:27 WIB Ujang Hasanudin News Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie membuat kehilangan semua pihak, termasuk Kementerian Agama. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyebut peran Habibie sungguh luar biasa bagi bangsa dam negara, secara khusus bagi Kemenag.

Lukman menilai Habibie merupakan inisiator lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insam Cemdekia atau MAN IC. "Jasa Pak Habibie bagi Kementerian Agama itu tidak pernah akan dilupakan karena beliaulah yang pertama kali menginisiasi lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia," kata Lukman seusai meresmikan Pusat Pelayanan Keluarga (Pusaka) Sakinah dan Kampung Zakat Wakaf di Parasamya, kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Kamis (12/9).

Lukman mengatakan MAN IC yang kini sudah tersebar di Nusantara, merupakan madrasah yang kualitasnya paling unggul dibanding madrasah lainnya. MAN IC merupakan sekolah yang mengedepankan pengembangan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi atau Iptek yang dilandasi keimanan dan ketakwaan (imtak).

BJ Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9) petang sekitar pukul 18.05 WIB. Rencananya Habibie akan dimakamkan dibTaman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan.