Jelang Tengah Malam, Sorong Diguncang Gempa

Ilustrasi. - Antara
10 September 2019 23:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SORONG - Wilayah Sorong, Provinsi Papua Barat, diguncang gempa bumi bermagnitudo 2,6, Selasa (10/9/2019) malam pukul 22:12 WIT. Kendati demikian, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 0.65 lintang selatan dan 131.19 bujur timur yang berjarak 25 km Utara Sorong dan 49 km tenggara Raja Ampat dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme penyesaran normal (normal fault).Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sorong dan Raja Ampat.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG menyatakan agar informasi resmi hanya bersumber dari pihaknya yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : antara