Advertisement

229 Kloter Jemaah Haji Gelombang Pertama Telah Meninggalkan Makkah

Newswire
Minggu, 01 September 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
229 Kloter Jemaah Haji Gelombang Pertama Telah Meninggalkan Makkah Kiswah penutup Kakbah diangkat tiga meter penanda musim haji tiba. - ANTARA/Hanni Sofia

Advertisement

Harianjogja.com, MAKKAH--Seluruh jemaah haji atau sebanyak 229 kelompok terbang (kloter) haji gelombang pertama telah meninggalkan Kota Mekkah.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid, di Mekkah, Sabtu malam, mengatakan jamaah yang tergabung dalam kloter 15 embarkasi Batam (BTH 15) menjadi kelompok terakhir yang meninggalkan Kota Mekkah serta menandai berakhirnya pemulangan jamaah haji gelombang I dari kota kelahiran nabi ini.

Advertisement

“Alhamdulillah, sebanyak 450 haji disertai lima petugas asal Kalimantan Barat, tepat pukul 23.15 waktu Arab Saudi telah diberangkatkan dari Kota Mekkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Dengan demikian, seluruh jamaah haji gelombang I telah kami lepas meninggalkan Mekkah,” katanya.

Fase pemulangan jamaah haji gelombang I dari Mekkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah kata Subhan telah berlangsung sejak 17 – 31 Agustus 2019. “Total sebanyak 94.036 haji beserta petugas telah diberangkatkan oleh Daerah Kerja Mekkah menuju Jeddah,” ujar Subhan.

Selanjutnya, sambung Subhan, Daerah Kerja Mekkah akan terus melakukan pemberangkatan jamaah haji gelombang II menuju Kota Madinah. “Hingga pukul 19.00 WAS tadi, sebanyak 200 kloter telah kita berangkatkan menuju Madinah. Maka tersisa akan ada sekitar 100 kloter yang akan kita berangkatkan ke Kota Madinah,” jelas Subhan.

Subhan menyampaikan pihaknya bersyukur selama proses pergerakan jamaah haji dari Mekkah baik menuju Jeddah maupun Madinah tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah sejauh ini prosesnya lancar. Kami berharap, hingga akhir masa operasional pada 6 September 2019, seluruh petugas Daerah Kerja Mekkah dapat melayani jamaah dengan sebaik-baiknya,” ujar Subhan.

Sementara, menurut Kepala Sektor 1 Mekkah Mi'rad menyampaikan hingga saat ini pihaknya sudah 46 kloter yang diberangkatkan menuju Jeddah dan Madinah.

“Saat ini tersisa 11 kloter yang masih ada di Sektor 1 Mekkah ini. Ini semua kloter yang akan diberangkatkan menuju Madinah," ujar Mi'rad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement