Ustaz Abdul Somad Dilaporkan Lagi Gegara Omongannya soal Salib

Ustaz Abdul Somad. - JIBI
20 Agustus 2019 20:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SURABAYA – Laporan terhadap dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Ustaz Abdul Somad terus bergulir.

Video Ustaz Abdul Somad (UAS) tentang salib yang menjadi viral di media sosial rupanya berbuntut panjang. Ustadz kondang itu pun dilaporkan sejumlah pihak di beberapa daerah, termasuk di Jaw Timur.

DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Jawa Timur melaporkan UAS ke Polda Jatim, Selasa (20/8/2019). Mereka yang didampingi konsultan hukumnya masuk ke ruang SPKT sekira pukul 12.30 WIB. Kemudian dari SPKT dialihkan ke Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim. Mereka baru keluar dari gedung Cyber Crime sekira pukul 15.30 WIB.

"Kami datang ke sini melaporkan Pak Ustadz Abdul Somad, yang videonya tentang ujaran kebencian pada suatu kelompok atau golongan," terang Konsultan Hukum GAMKI, Evan Siahaan, pada wartawan saat ditemui di depan Gedung Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.

Menurut Evan, hal itu bisa menghasut atau menimbulkan kebencian umat yang mendengar khotbah tersebut kepada pihak yang dilontarkan. Meskipun video itu sudah lama, subjek atau isi video memuat ucapan rasis.

"Kedua kita punya temuan akun atas nama Zulkifli yang di mana dalam videonya beredar bahwa Tuhan yang kalian sembah adalah patung, itu bukan Tuhan dan sebagainya. Itu artinya menjadi ujaran kebencian pada suatu golongan. Biar ditindak tegas dia dengan beraninya mengedarkan itu di Facebook," ujar Evan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD GAMKI Jatim, Rafael Obeng. Ia menyatakan laporan ini sebagai upaya untuk memperingatkan semua tokoh agama agar berhati-hati dalam menyampaikan pesan keagamaan. Para tokoh agama harus sadar bahwa hidup di negara saling berdampingan dengan banyak agama.

"Dengan adanya laporan ini diharapkan Pak Ustaz Abdul Somad bisa mengklarifikasi apa yang disampaikan dalam cerah yang viral di medsos. Sehingga kondisi di Indonesia tidak semakin memanas, melainkan bisa mendinginkan situasi dari tokoh-tokoh agama seperti Pak Ustadz Abdul Somad," ucap Rafael Obeng.

Sumber : Okezone.com