Advertisement

Aksi Demonstrasi Manokwari Pecah, Pendatang Ketakutan

Newswire
Senin, 19 Agustus 2019 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Aksi Demonstrasi Manokwari Pecah, Pendatang Ketakutan Demonstrasi di Manokwari, Senin (19/8/2019) pagi. - Suara.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, PAPUA - Diduga sebagai protes insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini, Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019) pagi ini rusuh karena aksi demonstrasi.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Advertisement

Belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan atau polisi atas peristiwa tersebut. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, khususnya di Twitter.

Dari laporan Kantor Berita Antara, Jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari diblokade massa yang mengakibatkan aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.

Tidak hanya memblokade jalan saja, dalam aksi tersebut warga juga menebang pohon dan membakar ban di jalan raya.

Aparat kepolisian Polda Papua Barat dan Polres Manokwari mulai turun ke jalan guna mengendalikan situasi aksi protes warga atas insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya tersebut.

Menurut Simon warga jalan Sanggeng Manokwari bahwa aksi ini merupakan bentuk kekecewaan masyarakat Papua terhadap insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya tersebut.

Simon menambah bahwa aksi damai ini agar pemerintah secepatnya menyelesaikan permasalahan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang agar mereka dapat kuliah dengan baik.

Sementara Iwan, salah seorang pendatang mengaku memilih berdiam di rumahnya karena merasa takut apabila keluar rumah saat aksi demonstrasi terjadi.

Menurut dia, aksi demo tersebut mulai terlihat sejak Senin pagi waktu setempat, dan mulai memanas sejak pukul 10.00 WIT. Sejumlah warga memblokade jalalanan, khususnya jalan utama di Manokwari yakni Jalan Yos Sudarso. Aksi demonstran membakar sejumlah ban bekas di jalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement