Advertisement

80 Desa di Kulonprogo Akan Miliki Akses Internet Gratis

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 14 Agustus 2019 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
80 Desa di Kulonprogo Akan Miliki Akses Internet Gratis Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 60 desa di Kulonprogo bakal mendapat kucuran Dana Keistimewaan (Danais) DIY tahap kedua untuk dialokasikan dalam pembangunan jaringan Internet gratis. Sebelumnya sebanyak 20 desa telah mendapatkan bantuan serupa di tahap pertama pada awal 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonprogo Rudiyatno mengharapkan bantuan tahap kedua ini bisa segera turun agar pada akhir tahun nanti agar seluruh desa di Kulonprogo dapat tersambung Internet.

Advertisement

Jika semua desa telah terjangkau jaringan Internet, maka kualitas pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat lewat sejumlah aplikasi yang dimiliki Kulonprogo seperti Bumilku, Bela BeliKu dan Perizinanku bakal lebih maksimal penggunaannya.

“Pembangunan jaringan Internet desa ini agar pelaksanaan meningkatkan kualitas dan kapasitas web aplikasi di desa lebih lancar. Pembangunan jaringan Internet desa setelah disatukan dalam dengan satu platform layanan dijamin kelancarannya,” kata Rudi, Rabu (14/8/2019).

Kepala Bidang Aplikasi Teknologi Informatika Diskominfo Kulonprogo Sutarman mengatakan puluhan desa yang mendapat bantuan bisa memanfaatkan Internet desa untuk memudahkan pembuatan konten di web desa yang sudah diinisiasi atau dirintis dengan sistem informasi desa (SID).

Pengembangkan SID dinilai bisa meningkatkan pelayanan desa berbasis elektronik sehingga memudahkan masyarakat dapat mengakses untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement