Kakek Asal Salatiga Ini Menghilang tanpa Jejak usai Bekerja di Ladang

Ilustrasi pencarian orang hilang oleh tim SAR gabungan. (Solopos - Cahyadi Kurniawan)
03 Agustus 2019 07:37 WIB Imam Yuda Saputra News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG--Berita adanya seseorang yang menghilang secara misterius terjadi di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Seorang petani asal Desa Tetep Wates RT 001/RW 006 Kumpulrejo, Kelurahan Argomulyo, Kota Salatiga, Rusito Rusmanto, menghilang tanpa jejak. 

Kakek berusia 77 tahun itu dikabarkan menghilang saat beraktivitas di ladang yang terletak di Dusun Teteprandu, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, yang tak jauh dari tempat tinggalnya pada Rabu (31/7/2019).

Kepala Basarnas Jateng, Aris Sofingi, mengatakan korban menghilang sejak Rabu pagi. Informasi yang diperoleh, korban kali terakhir terlihat pergi ke ladang dengan membawa peralatan sabit untuk melakukan pembersihan dan membakar sampah.

“Pada sore hari, korban masih terlihat oleh warga di ladang. Namun, sampai malam korban tak kunjung pulang ke rumah hingga dilakukan pencarian. Warga sekitar sudah berusaha mencari korban, tapi hingga kini korban belum juga ditemukan,” jelas Aris, Jumat (2/8/2019).

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Jateng, Agung Hari Prabowo, mengatakan pihaknya telah mengirimkan regu penyelamat untuk melakukan pencarian dengan membawa peralatan mountenering.

“Pola pencarian dengan metode explore SAR, beberapa unsur tim SAR gabungan dibagi menjadi empat search rescue unit [SRU],” ujar Agung.

Agung mengatakan SRU 1 melakukan penyisiran kea rah timur atau sekitar 1 kilometer (km) dari ladang. SRU ke-2 melaksanakan penyisiran ke arah barat. Sementara, SRU ke-3 dan 4 menyisir tempat-tempat yang dicurigai, seperti jurang maupun rumpun bambu.

Selain tim dari Basarnas Jateng, pencarian juga dilakukan warga setempat dengan menggunakan metode kearifan lokal. Warga melakukan pencarian sambil memukul-mukul peralatan dapur dan memanggil nama korban.

“Kondisi ladang yang luas menjadi kendala tim SAR gabungan dalam melakukan pencarian. Semoga survivor cepat ditemukan,” imbuh Agung.

*Berita ini telah dikoreksi pada pukul 13.47 WIB, sebelumnya berjudul Kakek Asal Boyolali Ini Menghilang tanpa Jejak usai Bekerja di Ladang.

Sumber : solopos.com