Advertisement

Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Setelah Kajiannya Komplit

Yodie Hardiyan
Kamis, 01 Agustus 2019 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Setelah Kajiannya Komplit Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melihat peta kawasan salah satu lokasi calon ibu kota negara saat peninjauan di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Rencana perpindahan ibu kota Indonesia masih terus dimatangkan. Presiden Joko Widodo menyatakan lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta akan diumumkan apabila kajian yang dilakukan sudah komplit.

"Akan diumumkan kalau sudah waktunya, kalau kajian sudah komplit dan masalah-masalah yang ada sudah komplit baru saya sampaikan di mana," kata Jokowi seusai menghadiri acara Batik Kemerdekaan di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Advertisement

Seperti diketahui, pemerintahan Jokowi berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Salah satu pulau yang dipertimbangkan menjadi lokasi ibukota baru adalah Pulau Kalimantan.

Jokowi pernah menyatakan pemerintah mempertimbangkan tiga kota sebagai kandidat ibu kota baru. Kendati demikian, dia belum bersedia mengungkapkan identitas ketiga kota itu dan hanya menyampaikan bahwa pemerintah terus mengecek kondisi di kota-kota tersebut.

Pada Mei 2019, Jokowi berkunjung ke sejumlah daerah di Kalimantan seperti Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Timur dan kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Tengah untuk meninjau lokasi ibu kota baru.

Pemindahan ibu kota ke lokasi baru bukan hal yang baru di dunia ini. Sejumlah negara seperti Brasil dan Malaysia juga pernah memindahkan ibu kotanya ke lokasi yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement