Advertisement

Unik, Ada Salon untuk Kambing di Cilacap, Bisa Naikkan Harga Jual Kambing!

Newswire
Senin, 29 Juli 2019 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
 Unik, Ada Salon untuk Kambing di Cilacap, Bisa Naikkan Harga Jual Kambing! Seorang pedagang bertransaksi jual beli kambing di Pasar Kambing Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019). - Suara.com/Teguh Lumbiria

Advertisement

Harianjogja.com, CILACAP - Menjelang hari raya Iduladha, pemanfaatan jasa salon kambing kurban menjadi kebiasaan bagi para pedagang di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan sekitarnya. Tujuannya, supaya penampilan kambing menjadi lebih gagah, rapi dan bersih.

Seorang penjual kambing di Pasar Desa Karangpucung, Khadirun mengatakan, penjualan kambing yang sudah disalon perapihan tanduk, mampu mendongkrak nilai jual hingga berkisar antara Rp100.000 hingga Rp 300.000 per ekor.

Advertisement

Dia menyontohkan harga jual kambing jantan Jawa Randu di Pasar Kambing Desa Karangpucung yang untuk saat ini berkisar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta.

“Kalau untuk bandotan (kambing jantan) yang standar lagi Rp 2 juta, kalau sudah disalon perapihan tanduk bisa laku jadi Rp 2,1 – Rp 2,3 juta,” kata Khadirun kepada Suara.com, Minggu (28/7/2019).

Hanya, peningkatan harga jual itu bergantung kepada masing-masing penjual, berikut karakteristik pembelinya. Jika penjual kambing pandai meyakinkan, maka peningkatan harga jual akan lebih maksimal.

Penjual kambing lainnya, Sobirin mengatakan, pengaruh kenaikan daya jual kambing usai disalon, itu lebih tertuju pada penampilan.

“Pembeli tentu menginginkan kambing yang akan dikurbankan lebih gagah, rapi dan bersih penampilannya. Itu yang kemudian menjadikan jasa salon kambing banyak diminati, karena bisa menaikkan daya jual,” kata Sobirin kepada Suara.com, jaringan Harianjogja.com.

Menjelang hari raya Idul Adha, jasa salon kambing di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kebanjiran order untuk membuat penampilan kambing yang bakal menjadi hewan kurban lebih gagah.

Satu di antara penyedia jasa salon kambing di kompleks Pasar Kambing Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap adalah milik Ahmad Seiko Minarjo (60). Pada Minggu (28/7/2019) ini, ia mengaku kewalahan memenuhi permintaan pelanggan.

Minarjo hanya bisa melayani perawatan 30 ekor, dari 50 ekor kambing jantan yang mengantre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement