Advertisement

Petugas Kemenkes Ditempatkan di Ujung Terowongan Menuju Masjidil Haram

Yodie Hardiyan
Senin, 22 Juli 2019 - 03:47 WIB
Budi Cahyana
Petugas Kemenkes Ditempatkan di Ujung Terowongan Menuju Masjidil Haram Jemaah melakukan salat Jumat di Masjidil Haram di bawah suhu lebih dari 40 derajat Celcius di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). - Antara/Hanni Sofia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tim Gerak Cepat (TGC) Kementerian Kesehatan menempatkan personel di ujung terowongan menuju Masjidil Haram.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, terowongan itu adalah Terowongan Faisoliyah dan Terowongan Mahbas Jin.

Advertisement

Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) 2019 Dokter Erwinsyah menyatakan masih ada beberapa jemaah haji yang memaksakan diri untuk berjalan kaki ketika menuju dan kembali dari Masjidil Haram Makkah kendati sudah disediakan fasilitas transportasi bus sholawat yang memadai.

Lamanya waktu tunggu bus dan padatnya jemaah menjadi alasan jemaah yang memaksakan diri untuk berjalan kaki, terutama pada hari Jumat. Situasi ini berisiko tinggi menjadi masalah kesehatan bagi Jemaah haji.

“Pengalaman sejak 2017 banyak jemaah memaksakan diri jalan kaki di terowongan. Ada yang terjatuh, kelelahan dan dehidrasi,” kata dokter Erwinsyah.

Para personil berjaga di mulut terowongan setiap hari Jumat, terutama sebelum dan sesudah waktu pelaksanaan salat Jumat. TGC akan memberikan pertolongan apabila terdapat kasus yang dialami oleh jemaah haji.

Oleh karena itu, para personel dilengkapi dengan perlengkapan darurat (emergency kit) untuk mengantisipasi aneka kejadiaan yang dihadapi para jemaah. Erwin menyatakan penempatan petugas untuk berjaga di terowongan merupakan kegiatan inovasi.

“Kemarin hari Jumat kan sudah standby. Kami memantau saat jemaah berangkat. Kalau jemaah sudah habis [pergi-pulang] kami kembali,” ujar Kiki Pujiarto, anggota TGC yang berprofesi sebagai perawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement