Rudiantara Mengaku Belum Tahu Menteri Kabinet Jokowi Jilid II

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
17 Juli 2019 23:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Kabar tentang susunan nama menteri di kabinet Presiden Joko Widodo dan KH Maruf Amin yang mulai beredar Selasa (16/7/2019) malam ternyata belum diketahui Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Menurutnya, susunan menteri di kabinet periode 2019-2024 untuk saat ini hanya Presiden Jokowi yang mengetahui. Ia meminta masyarakat berhati-hati menerima informasi.

"Yang tau kabinet siapa ya Pak Jokowi, itu saja. Kalau bukan Pak Jokowi yang mengumumkan itu tidak benar," ujar Rudiantara di Gedung Kemenko Perekonomian, Rabu (17/7/2019). Menkominfo menegaskan, ada beberapa kabar hoaks yang mudah ditangkal.

Untuk diketahui, pada Selasa (16/7/2019) sore hingga malam, kembali beredar susunan nama menteri di (calon) kabinet baru pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Maruf Amin. Kali ini, versi terbaru nama-nama menteri Jokowi yang beredar tersebut berformat PDF dengan nama file "Menteri Kabinet Kerja Jilid II".

Hasil Pengamatan dan Penelusuran

File dokumen memuat nama-nama sekaligus jabatan menteri, yang beredar luas melalui sejumlah media sosial dan aplikasi percakapan itu, mencantumkan judul "Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024". Terlihat berkesan resmi karena di bagian atas dilengkapi dengan lambang Garuda Pancasila.

Sementara di bagian isinya yang terutama menjadi sorotan, tercantum sejumlah nama, mencakup baik nama-nama lama di Kabinet Kerja (Jilid I) Jokowi-Jusuf Kalla, nama baru yang sudah banyak diisukan, nama tokoh lama yang kembali ke pemerintahan, hingga nama-nama yang sama sekali baru.

Sebutlah mulai dari para Menteri Koordinator (Menko) yang antara lain, mencantumkan nama Luhut Binsar Panjaitan, Moeldoko, Airlangga Hartarto, hingga putra Megawati Soekarnoputri yaitu Muhammad Prananda Prabowo di jabatan Menko PMK. Ada juga nama tokoh lama pemerintahan seperti Agum Gumelar, Yusril Ihza Mahendra, hingga Mahfud MD di situ.

Sementara dari kalangan tokoh muda atau yang dianggap dekat dengan generasi muda, tercantum nama mulai dari Angela Tanoesoedibjo, Grace Natalie, Yenny Wahid, Erick Thohir, Budiman Sudjatmiko, Maruarar Sirait, Wishnutama, hingga Diaz Hendropriyono.

Adapun penghuni kabinet yang tercantum masih duduk di posisinya dalam file yang beredar itu, antara lain Susi Pudjiastuti, Ignasius Jonan, Retno Marsudi, Sri Mulyani, Basuki Hadimuljono, juga Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN.

Sumber : suara.com