Advertisement

Rizal Mallarangeng Sebut Pertemuan Jokowi dan Prabowo Simbol Demokratisasi Matang

Yanuarius Viodeogo
Sabtu, 13 Juli 2019 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Rizal Mallarangeng Sebut Pertemuan Jokowi dan Prabowo Simbol Demokratisasi Matang Rizal Mallarangeng - Bisnis/Yanuarius Viodeogo

Advertisement

Harianjogja.com,  JAKARTA - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto menunjukkan demokratisasi yang matang bagi negara ini. Hal itu dinyatakan oleh Pelaksana Tugas Ketua DPD I Golkar Provinsi DKI Jakarta Rizal Mallarangeng.

"Pertemuan ini [Jokowi dan Prabowo] bagus karena ada makna simbolik dan bahwa harapannya demokratisasi Indonesia matang. Oposisi bukan berarti musuh walau kemarin saat pemilu agak keras," kata Rizal dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Advertisement

Seperti diketahui, Jokowi dan Prabowo bertemu di lokasi stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta. Pertemuan ini dinanti masyarakat Indonesia, pasca pemilihan presiden 2019 lalu belum ada tanda-tanda pertemuan di antara keduanya.

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pertemuan keduanya dilihat dari sisi informal menurunkan polarisasi yang sempat tajam di akar rumput.

"Secara formal itu sudah selesai karena permohonan kubu Prabowo ditolak MK [Mahkamah Konstitusi]. Saya tidak bisa memberikan garansi kalau pertemuan itu mengurangi hoaks," kata Burhanuddin.

Kendati demikian, dia berharap kepada Prabowo pertemuan itu sebagai rekonsiliasi politik bukan rekonsiliasi formalitas hukum. Dia tidak menjelaskan secara rinci, makna formalitas hukum tersebut.

Burhanuddin tidak menampik apabila pertemuan tersebut ada kemungkinan potensi transaksi politik dalam jajaran koalisi di bangku pemerintahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement