Dua Jet Tempur Bertabrakan, Pesawat Hancur, 1 Pilot Tewas

Ilustrasi pesawat tempur - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
25 Juni 2019 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BERLIN – Insiden kecelakaan pesawat tempur terjadi di Negara Bagian Mecklenburg-Western Pomerania, Jerman menewaskan satu pilot.

Dua jet tempur Eurofighter Jerman bertabrakan dan jatuh di Negara Bagian Mecklenburg-Western Pomerania dan jatuh ke daerah pemukiman. Insiden itu telah dikonfirmasi oleh kementerian dalam negeri Jerman.

Berdasarkan keterangan pihak berwenang, kedua jet tersebut bertabrakan di atas Kota Malchow, sekira 80 kilometer dari Schwerin.

"Jet-jet Eurofighter bertabrakan di udara dan kemudian jatuh," kata seorang juru bicara militer kepada majalah Der Spiegel yang dilansir RT, Selasa (25/6/2019). Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa salah satu jet itu jatuh di daerah berhutan dekat Desa Jabel, sementara yang lain jatuh 10 km jauhnya, di selatan Desa Nossentiner Huette.

Puing-puing pesawat yang hancur telah jatuh di hutan terdekat, dan tampaknya menyebabkan kebakaran. Sebuah video yang di-posting di media sosial oleh penyiar radio lokal menunjukkan gumpalan asap hitam mengepul di atas hutan di lokasi kecelakaan yang diklaim. Surat kabar lokal SVZ melaporkan bahwa beberapa bagian dari pesawat juga jatuh di area perumahan.

Kedua pesawat itu adalah bagian dari Skuadron Angkatan Udara 73 ‘Steinhoff,’ yang ditempatkan di Pangkalan Laage dekat Kota Rostok. Keduanya melakukan penerbangan latihan ketika insiden itu terjadi.

Para pilot dilaporkan berhasil meloloskan diri dari pesawat, dan sampai berita ini diturunkan belum ada informasi tentang korban di darat.

Kementerian pertahanan membenarkan bahwa salah satu pilot ditemukan hidup-hidup dan beberapa jam kemudian, Angkatan Udara Jerman mengatakan bahwa pilot kedua ditemukan dalam keadaan tewas. Pilot yang selamat menderita beberapa cedera dan dibawa ke rumah sakit.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Jerman, Bundeswehr, juga mengonfirmasi bahwa insiden itu terjadi tetapi tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Sumber : Okezone.com