Advertisement

Khatib Bahas Politik, Jemaah Salat Id di Klaten Bubar

Ginanjar Saputra
Sabtu, 08 Juni 2019 - 00:57 WIB
Sunartono
Khatib Bahas Politik, Jemaah Salat Id di Klaten Bubar Suasana Salat Idulfitri 1440 H di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jateng, Rabu (5/6 - 2019). (Instagram/@m.bahrunnajach)

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN -- Jemaah Salat Idulfitri biasanya duduk diam mendengarkan kotbah yang disampaikan khatib hingga selesai. Namun berbeda dengan jemaah Salat Idulfitri 1440 H di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (5/6/2019).

Jemaah Salat Id di Desa Gaden itu membubarkan diri sebelum khatib selesai menyampaikan ceramahnya. Hal itu disebabkan isi ceramah yang disampaikan khatib bermuatan politik sehingga membuat jemaah merasa tak nyaman.

Advertisement

Kejadian itu terekam kamera dan videonya menjadi viral di media sosial, salah satunya diunggah di akun Instagram @m.bahrunnajach, Jumat (7/6/2019). Berdasarkan video yang diunggah, beberapa orang meninggalkan tempat Salat Id sambil berteriak saat khatib masih terdengar menyampaian kotbah.

Bahkan, beberapa orang yang menggunakan kendaraan bermotor membunyikan klakson terus menerus dan memainkan tuas gas sepeda motor. Beberapa orang mengaku pulang sebelum ceramah selesai karena tak nyaman dengan isi ceramah sang khatib.

"Bali wae [pulang saja], ceramah politik, enggak nyambung," ujar salah satu orang di lokasi kejadian.

Si pengunggah video memastikan katib pada Salat Idulfitri 1440 H yang videonya menjadi viral itu itu memang menyampaikan kotbah bermuatan politik. "Detik detik jamaah membubarkan diri setelah mendengar khutbah sholat ied tentang politik," tulis pengguna akun Instagram @m.bahrunnajach.

Hingga kini, identitas khatib yang berkhotbah pada Salat Idulfitri di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten itu belum diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement