Advertisement

Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Kartasura Terpapar ISIS

Chelin Indra Sushmita
Selasa, 04 Juni 2019 - 12:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Kartasura Terpapar ISIS Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Divhumas Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/5/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Dedi Prasetyo memberikan keterangan terkait ledakan di Pos Pengamanan (Pospam) Tugu Kartasura, Sukoharjo, yang terjadi Senin (3/6/2019), pukul 22.45 WIB.

Menurut Polri, korban yang juga diduga sebagai pelaku tersebut terpapar ajaran Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Advertisement

Dikatakan, pelaku berinisial RA (Rofik Asharuddin) meledakkan diri dengan bom berdaya ledak rendah (low explosive) di Pospam Tugu Kartasura, Sukoharjo. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pelaku mengalami luka cukup parah yang kini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara, Semarang.

“Terkait ledakan di Pospam Tugu Kartasura, korban yang juga diduga sebagai pelaku berdasarkan hasil pemeriksaan terindikasi terpapar ISIS. Indikasi menyangkut masalah yang bersangkutan dalam jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah)  atau kelompok radikal lain masih akan kami dalami,” terang Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri yang disiarkan langsung Kompas TV, Selasa (4/6/2019).

Dedi Prasetyo menjelaskan bagi penganut paham radikal, melakukan aksi teror di bulan Ramdan merupakan suatu amaliyah. Jika si pelaku meninggal dalam aksi tersebut, maka dia dalam keadaan syahid.

“Bulan Suci Ramadan bulan amaliyah mereka [penganut paham radikal]. Kalau melakukan aksi terorisme, kalau meninggal dalam keadaan sahid,” sambung Dedi Prasetyo.

Teror bom bunuh diri semacam ini bukanlah kali pertama ditangani Polri. Kenapa kali ini targetnya polisi? Dedi Prasetyo mengatakan hal itu karena dalam kurun waktu 19 tahun terakhir terus melakukan penegakan hukum terhadap kelompok radikal di Indonesia.

Lebih lanjut, dia memastikan teror bom bunuh diri di Kartasura tidak akan mengganggu kelancaran arus mudik.

“Densus 88 dan tim antiteror Polda Jawa Tengah mengantisipasi aksi terorisme yang mungkin masih bisa dilakukan jaringan radikal atau individu yang terpapar. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, karena kondisi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) sudah kondusif,” terang Dedi Praetyo.

Polisi sedang melakukan olah TKP dan telah menggeledah rumah orang tua pelaku di kawasan Dusun Kranggan RT 001/RW 002, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo. Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku termasuk pribadi pendiam dan tertutup dengan lingkungan sekitar.

“Polisi sudah melakukan olah TKP dan menggeledah rumah orang tua pelaku. Kami menemukan beberapa barang berkaitan dengan aksi teror bom bunuh diri yang dilakukan pelaku. Selama ini, pelaku dikenal sangat tertutup. Berdasarkan keterangan keluarga, pelaku tidak berpamitan saat hendak melakukan serangan bom bunuh diri. Hanya keluar naik motor, tidak tahu ke mana,” imbuh Dedi Prasetyo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement