Ani Yudhoyono Ternyata Pernah Menyamar saat Berbelanja di Malioboro

Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Eddie Baskoro Yudhoyono berdiri di dekat jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono ketika disemayamkan, di Kedutaan Besar Indonesia, di Singapura, Sabtu (1/6/2019). - Antara/M N Kanwa
03 Juni 2019 20:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Perjalanan hidup almarhum ibu negara Ani Yudhoyono banyak dikenang masyarakat. 

Menjadi seorang ibu negara, tentu tidak bisa melakukan berbagai kegiatan pada umumnya seperti berbelanja di tengah pasar. Namun, aturan tersebut didobrak oleh Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia mengakui pernah menyamar menjadi masyarakat biasa agar bisa berbelanja di Malioboro, Yogyakarta.

Hal tersebut diceritakan oleh Ani Yudhoyono melalui buku yang ditulisnya sendiri berjudul 10 Tahun Perjalanan Hati.

Saat masih menjadi ibu negara, Ani Yudhoyono mengakui pernah melakukan penyamaran bersama sang calon menantu Aliya Rajasa, demi bisa berbelanja di Malioboro seperti masyarakat pada umumnya.

"Asyik sekali bila bisa berjalan-jalan menyusuri Malioboro dan berbelanja ragam pernak-pernik atau kain batik. Lebih asyik lagi bila tidak didampingi Paspampres. Kalaupun ditemani, jaraknya berjauhan saja," kata Ani Yudhoyono seperti dikutip dari buku karyanya, Senin (3/6/2019).

Ani Yudhoyono mengajak Aliya Rajasa. Mereka bersepakat menyamar menjadi masyarakat biasa.

Ani Yudhoyono menggunakan pakaian santai, selop ringan dan kacamata berwarna hitam.

Dengan restu dari SBY, Ani Yudhoyono dan Aliya Rajasa berangkat ke Jalan Malioboro, menyusuri deretan pedagang yang berjualan beragam pernak-pernik.

Saat sedang asyik memilih pernak-pernik, tiba-tiba ada seorang warga yang menyadari identitas Ani Yudhoyono.

"Seperti Bu Ani," kata warga. Seketika para pengunjung lainnya langsung memandang ke arah Ani Yudhoyono dan Aliya Rajasa.

Ani Yudhoyono langsung menarik tangan Aliya Rajasa berusaha menghindari warga agar penyamaran tak terbongkar.

Sekretaris pribadi Ani Yudhoyono dan Paspampres yang berada tak jauh dari Ani Yudhoyono langsung mengikuti.

Setibanya di Pasar Beringharjo, Ani Yudhoyono tertarik untuk masuk ke salah satu toko kain batik.

Awalnya, Ani Yudhoyono merasa lega lantaran penyamarannya masih berjalan mulus, namun tiba-tiba terdengar suara dari pengeras suara yang menyebut namanya.

"Selamat datang di Beringharjo Ibu kami tercinta, Ibu Ani Bambang Yudhoyono...! Kami ucapkan selamat berbelanja," demikian suara dari pengeras suara di Pasar Beringharjo.

Ani Yudhoyono terkejut bukan main. Sontak para pengunjung menyemut mendekatinya. Beruntung tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Ani Yudhoyono masih berusaha untuk bersikap rileks agar kegiatan berbelanja tetap berjalan. Ia dan Aliya Rajasa melanjutkan belanja kain batik tenun Troso untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sumber : Suara.com