Tiga Mantan Presiden RI Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Masyarakat di Taman Makam Kalibata. - Antara
02 Juni 2019 14:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Pemakaman Ani Yudhoyono, istri Susilo Bambang Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019) diwarnai momen yang jarang terjadi.

Tiga mantan presiden berkumpul. Mereka yakni Presiden ketiga BJ Habibie, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Sejak Pilpres 2004, Megawati Soekarnoputri selalu absen dalam Upacara Kenegaraan di Istana, salah satunya peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Megawati tak hadir selama SBY menjadi presiden.

Barulah pada kesempatan momentum pemakaman Ani Yudhoyono, mereka berkumpul untuk melayat. Terutama Megawati.

Suasana terakhir di TMP Kalibata saat ini, jenazah Ani Yudhoyono sudah datang. Bendera merah putih yang berada di depan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan dikibarkan setengah tiang.

Pengibaran bendera setengah tiang tersebut menyusul meninggalnya Ani Yudhoyono pada Sabu (1/6/2019) kemarin.

Ani Yudhoyono akan dimakamkan di blok M Nomor 129, TMPNU Kalibata Minggu (2/6/2019) sore hari ini. Pantauan Suara.com di lokasi, bendera setengah tiang tersebut dikibarkan di atas tiang bewarna putih yang berada di depan gerbang utama TMPNU Kalibata.

Di depan area itu pula pengamanan mulai dijaga ketat seiring dengan waktu kedatangan jenazah sore ini.

Ditingkatkannya keamanan diketahui juga lantaran Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan hadir dalam proses pemakaman dan akan bertindak sebagai irup dalam upacara pemakaman.

Sebelumnya, sejumlah pasukan dari Paspampres, TNI dan Polri sudah bersiaga di sekitar lokasi dalam dan luar TMP Kalibata. Jalan masuk ke area makam di pintu samping pun sudah ditutup dan dialihkan ke gerbang utama.

Sumber : Suara.com