Advertisement

2 Bulan Lagi, Pengganti Jakarta Sudah Diketok

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 16 Mei 2019 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2 Bulan Lagi, Pengganti Jakarta Sudah Diketok Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) memimpin rapat terbatas membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo diharapkan sudah bisa menetapkan kota mana yang layak menjadi Ibu Kota Indonesia dalam waktu dua bulan ke depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan usai rapat dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mengkaji dalam dua bulan data-data terkait pemindahan ibu kota sudah lengkap.

Advertisement

"Kemarin kami rapat di Bappenas, kita mengkaji lebih dalam supaya dua bulan ini datanya lebih lengkap untuk bisa disajikan ke presiden sehingga presiden bisa memutuskan dimana lokasinya," tuturnya di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Basuki menuturkan untuk desain kota baru ditetapkan sesuai dengan lokasi yang sudah diputuskan oleh presiden. Adapun, terkait masalah teknis bakal dibahas bersama Bappenas, PU dan juga DPR.

Seperti diketahui, pemerintah berencana memindahkan ibu kota atau pusat pemerintahan dari Jakarta ke Kalimantan. Pemerintah belum menetapkan daerah mana yang akan menjadi ibu kota baru tersebut.

Kendati demikian, Presiden Joko Widodo telah meninjau sejumlah daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah yang dianggap potensial menjadi lokasi ibu kota baru tersebut. Hingga saat ini, ada empat wilayah yang menjadi kandidat ibu kota baru. Keempat wilayah itu yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement