Wow, 107 KPPS di Solo Terima Hadiah Kambing dari Wawali karena Berhasil Lakukan Ini

Ilustrasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
11 Mei 2019 04:57 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi News Share :

Harianjogja.com, SOLO--Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mendapat hadiah kambing dari Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo. Hadiah itu sebagai apresiasi karena anggota KPPS bisa memenuhi janjinya yakni mencapai partisipasi 95% di TPS-nya.

Total ada 107 KPPS di Kota Solo yang angka partisipasi pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) minimal 95%. Kambing untuk KPPS itu akan diserahkan pekan depan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Solo, Hendro Pramono, mengatakan 107 ekor kambing tersebut rencananya disalurkan melalui kantor-kantor kecamatan di Kota Bengawan.

“Kami akan drop ke kecamatan. Perwakilan KPPS yang berhak akan kami minta mengambil hadiahnya di kantor kecamatan masing-masing,” kata dia, Jumat (10/5/2019).

Hendro mengatakan penyaluran melalui kantor kecamatan diharapkan lebih efektif lantaran Pemkot tidak akan kesulitan mencari lokasi TPS pemenang. Di sisi lain, KPPS juga tidak terlalu jauh untuk mengambil hadiah mereka.

Meski ditarget diberikan pekan depan, Hendro masih menunggu surat resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Surat tersebut di antaranya berisi TPS dengan tingkat partisipasi pemilih di atas 95%.

“Datanya memang sudah ada. Tapi kami belum mendapat surat resmi dari KPU,” kata dia.

Janji hadiah kambing tersebut disampaikan Purnomo pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019) lalu. “Hadiah ini dari saya pribadi karena saya cinta masyarakat Solo. Biar mereka tergugah menggunakan hak pilihnya untuk datang ke TPS. Isi daftar hadir lalu memilih siapa pun. Entah nyoblosnya salah atau benar yang penting datang. Hadiahnya uang senilai Rp2,5 juta atau satu ekor kambing,” kata dia.

Ihwal teknis pengumpulan kambing dan teknis penyalurannya, Purnomo menyerahkannya kepada Hendro selaku perwakilan Pemkot yang terlibat dalam Desk Pemilu 2019. “Nanti petugas (KPPS) disuruh ambil atau kami yang antar ke mana, sudah saya pasrahkan ke Bagian Pemerintahan,” kata dia.

Purnomo tak membatasi berapa banyak TPS yang bakal menerima hadiah itu. Ia bahkan berharap seluruh TPS mampu menembus target golput kurang dari 5%. Sebagai informasi, pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, tercatat 336 TPS menerima hadiah seekor kambing lantaran tingkat partisipasinya mencapai 80%. Sedangkan tahun ini persentase dinaikkan menjadi 95%.



Sumber : solopos.com