Advertisement

Wow, Siswa dengan Nilai UN Tinggi Ingin Jadi Pengusaha. Siswa Nilai Rendah Malah Ingin Jadi Ini ...

Newswire
Jum'at, 10 Mei 2019 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wow, Siswa dengan Nilai UN Tinggi Ingin Jadi Pengusaha. Siswa Nilai Rendah Malah Ingin Jadi Ini ... Ilustrasi UNBK SMA. (Dok)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Siswa yang hasil ujian nasionalnya tinggi bercita-cita sebagai pengusaha. Sementara, yang nilai rendah ingin jadi guru. Temuan ini berdasarkan hasil analisis angket UN yang diisi siswa SMA/MA. 

Hasil analisis itu diumumkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. "Siswa yang memiliki nilai UN tinggi, rata-rata ingin menjadi pengusaha," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno seperti dilansir Antara, Rabu (8/5/2019).

Advertisement

Dari hasil angket tersebut, sebesar 11% siswa bercita-cita menjadi guru. Sementara dari 11% tersebut, 80%-nya merupakan siswa perempuan. Totok menambahkan secara umum capaian UN siswa yang ingin menjadi guru lebih rendah dibandingkan siswa yang memilih pekerjaan lainnya. Nilai UN peminat guru untuk siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita semua, mengapa siswa terbaik tidak tertarik menjadi guru," ujar dia.

Padahal dengan banyaknya siswa yang terbaik yang menjadi guru, diharapkan kualitas pendidikan di Tanah Air meningkat. Perlu stimulus agar siswa yang memiliki nilai tinggi mau menjadi guru.

Ia menjelaskan penyebaran angket dilakukan untuk menggali informasi nonkognitif. Dengan demikian muncul analisis menyeluruh mengenai faktor-faktor yang memengaruhi capaian siswa. Ada lima jenis angket yang dapat dikerjakan oleh siswa seusai mengerjakan UN. Namun, setiap siswa hanya perlu mengerjakan satu jenis paket.

Pertanyaan di dalam angket terkait indikator sosial-ekonomi, seperti pekerjaan dan pendidikan orang tua serta kepemilikan barang. Selain itu digali pula persepsi siswa dalam mengenali bakat dan keunggulan diri, serta cita-cita siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement