Advertisement

Siswa Penyebar Foto Soal UN Diberi Nilai Nol

Newswire
Selasa, 07 Mei 2019 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Siswa Penyebar Foto Soal UN Diberi Nilai Nol Ilustrasi UNBK - JIBI/Solopos/Nicolaus Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan nilai nol pada siswa yang ketahuan curang dalam Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Kami memberikan nilai nol kepada pelaku kecurangan pada UN. Berbagai kecurangan seperti penyebaran foto soal UN yang ada di komputer dan lainnya,” ujar Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muchlis R. Luddin dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Advertisement

Dia menambahkan ada 79 laporan yang masuk pada 2018 sementara pada 2019 meningkat menjadi 126 laporan. Yang dominan dalam pengaduan tersebut adalah kecurangan UN.

“Kalau kebocoran tidak ada karena semua sudah Ujian Nasional Berbasis Komputer [UNBK]. Yang ada hanya kecurangan pada UN,” tambah dia.

Laporan tersebut berasal dari 25 provinsi di Tanah Air. Pelaku kecurangan akan diberikan nilai nol pada mata pelajaran yang terkait. Kemudian yang bersangkutan juga tidak diperkenankan untuk ikut UN susulan. UN susulan hanya diperuntukkan bagi peserta yang sakit atau berhalangan ikut UN.

Siswa yang curang akan diberi kesempatan untuk mengikuti UN perbaikan. Nantinya diberi dua surat yakni surat keterangan nilainya nol dan nilai hasil UN perbaikan.

Sebelumnya, pada pelaksanaan UNBK tingkat SMA beredar soal Matematika beserta kunci jawaban. Soal Matematika beserta kunci jawaban yang bocor tersebut merupakan hasil foto kamera terhadap layar komputer ketika pelaksanaan UNBK. Soal tersebut terdapat di grup Line yakni Square UNBK.

UN tingkat SMA/MA diikuti 2.019.680 siswa yang mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan. Sementara untuk SMK diikuti 1.524.104 siswa dan mengujikan empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement