Ludes Terbakar, Bangunan Markas Polres Lampung Selatan Tersisa 20%

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan di beberapa ruangan Kantor Polres Lampung Selatan yang terbakar di Lampung, Kamis (2/5/2019). - Ist/Antara.
03 Mei 2019 00:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, LAMPUNG SELATAN—Api yang melalap Mapolres Lampung Selatan mengakibatkan bangunan utama ini sekitar 80% ludes dilalap api. Dengan demikian hanya tersisa sekitar 20% saja bangunan yang berada di Kalianda, Lampung Selatan ini.

Menurut Kasubag Humas Polres Lampung Selatan Iptu H. Dahlan menjelaskan kronologis kebakaran itu, yakni bermula api muncul dari dalam ruang Seksi Umum/SIUM yang bersebelahan dengan ruang Bagian Perencanaan Polres Lampung Selatan.

"Pukul 11.15 WIB, api terlihat menjilat-jilat ke atas. Begitu kami lihat, kami ke belakang ambil air tetapi api keburu membesar dan menjalar ke atas," katanya Kamis (2/5/2019).

Selanjutnya, api terus menjalar ke ruang-ruang utama, seperti ruangan kapolres, wakapolres, dan ruangan staf. "Kami sempat padamkan. Akan tetapi api terus besar dan menjalar," ujarnya pula.

Api kemudian merambat ke belakang, ruang tahanan yang dihuni 53 tahanan. "Kami lalu mengambil langkah menyelamatkan mereka," ujarnya lagi.

Api juga merambat ke gudang senjata. "Gudang senjata terbakar juga," kata dia lagi.

Dalam kejadian tersebut, kata Dahlan, tidak mengakibatkan korban jiwa, baik dari jajaran polres, staf, maupun tahanan.

"Korban jiwa tidak ada. Namun, ada staf PNS kami yang pingsan, kemudian dilarikan ke rumah sakit," ujarnya pula.

Mengenai dampak kerusakan, menurutnya, 80 persen bangunan utama polres ini ludes terbakar.

Saat ini, kata Kasubag Polres Lampung Selatan ini, personel kepolisian setempat tengah mendata kerugian, dan masih berupaya menyelamatkan barang-barang, terutama di gudang senjata yang terbakar.

Sumber : Antara