Jelang Siang, PDIP, Gerindra, dan Golkar Duduki Posisi Tiga Teratas

Ilustrasi-Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan di GOR Kelapa Gading, Jakarta, Senin (22/4/2019). Berdasarkan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU hingga 22 April 2019 pukul 09.00 WIB, real count telah menjangkau 115.409 TPS dari 813.350 TPS (14,19 persen). - Antara
02 Mei 2019 12:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Berdasar data penghitungan sementara suara partai politik dalam Pemilu Legislatif DPR RI yang diunggah KPU melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) hingga Kamis pukul 10.45 WIB, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Golkar untuk sementara menguasai posisi tiga besar.

Perolehan tersebut mencakup 26,72% dari seluruh TPS yang ada di Indonesia.

Dalam perolehan suara sementara PDIP, Golkar, dan Gerindra mencapai jumlah dukungan suara terbesar. PDIP memeroleh 19,34%, Golkar 13,64%, dan Gerindra 11,9%.

Menyusul di bawah ketiganya yakni Nasdem 10%, Demokrat 8,27%, PKB 7,88%, PKS 7,37%, PAN 6,99%, PPP 4,18%.

Sementara tujuh partai lain memeroleh suara di bawah 4%, atau belum memenuhi ambang batas parlemen, yakni Garuda, Berkarya, Perindo, PSI, Hanura, PBB dan PKPI.

Dalam disclaimer Situng, KPU menyatakan bahwa data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yang disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.

Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.

Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Sumber : Antara/Bisnis.com