Advertisement

2 Jurnalis Jadi Korban Kekerasan Polisi Saat Meliput Hari Buruh di Bandung

Adib Muttaqin Asfar
Rabu, 01 Mei 2019 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
2 Jurnalis Jadi Korban Kekerasan Polisi Saat Meliput Hari Buruh di Bandung Ilustrasi kekerasan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG -- Dua jurnalis menjadi korban kekerasan saat meliput kericuhan dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Bandung, Rabu (1/5/2019).

Kedua jurnalis itu adalah fotografer Tempo Prima Mulia dan jurnalis freelance Iqbal Kusumadireza (Reza) yang sedang meliput peringatan Hari Buruh Internasional yang berpusat di Gedung Sate. Sekitar pukul 11.30, Reza dan Prima berkeliling sekitar Gedung Sate untuk memantau kondisi pergerakan massa buruh yang akan berkumpul di Gedung Sate.

Advertisement

"Saat tiba di Jalan Singaperbangsa, sekitar Dipatiukur, Prima dan Reza melihat ada keributan antara polisi dengan massa yang didominasi berbaju hitam-hitam," sebut keterangan tertulis dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu

Dalam keterangan tersebut, Reza dan Prima mengaku melihat massa berbaju hitam tersebut dipukuli oleh polisi. Melihat kejadian tersebut, keduanya langsung membidikan kamera ke arah kejadian tersebut.

"Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar yang lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi. Menurut Reza polisi tersebut dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung. Menurut Reza anggota Tim Prabu itu menggunakan sepeda motor Klx berplatnomor D 5001 TBS," sebut keterangan tersebut.

Saat itu, Reza dibentak dengan pertanyaan “dari mana kamu?” Reza langsung menjawab “wartawan”. Lalu menunjukan kartu persnya. Lalu polisi tersebut malah mengambil kamera yang dipegang Reza sambil menginjak lutut dan tulang kering kaki kanannya berkali-kali.

“Sebelum kamera diambil juga udah ditendang-tendang. Saya mempertahankan kamera saya. Sambil bilang saya jurnalis,” kata Reza yang dikutip dalam keterangan tersebut.

Akibatnya, kaki kanan Reza menglami luka dan memar. Setelah menguasai kamera Reza, polisi tersebut menghapus sejumlah gambar yang sudah diabadikan Reza.

Sementara itu, Prima Mulia mengalami hal yang sama, namun tidak mendapat kekerasan fisik. Prima mengaku disekap oleh tiga orang polisi dan foto-fotonya dihapus. Salah satu dari mereka, kata Prima, mengatakan “Mau diabisin?”.

“Rombongan pertama pendemo di Jl. Bagus Rangin tiba-tiba rusuh. Massa kocar kacir. Polisi menangkap demonstran sambil menghajar. Saya sama Reza bisa masuk untuk ambil gambar kekerasan oleh polisi. Wartawan lain dicegat enggak boleh masuk area kerusuhan. Polisi menghajar demonstran sambil nembak senjata ke udara berkali-kali ke udara. Saat ngambil gambar itulah Saya ditangkap tiga orang polisi preman sambil ngancam dan minta gambar dihapus. Dari situ saya lihat Reza mengalami kekerasan fisik dan didorong sampai jatuh. Semua file foto dihapus,” kata Prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement