KSPI Ajak Anggotanya Kawal Suara Prabowo-Sandi

Ilustrasi aksi Hari Buruh (May Day). - JIBI/Harian Jogja
01 Mei 2019 14:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan ekonom Rizal Ramli bakal berorasi di acara May Day 2019.

"[Selain Prabowo] ada Bang Rizal Ramli untuk memberikan wawasan tentang perekonomian. Kemudian ada orasi dari saya," kata Iqbal saat ditemui di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Dia menuturkan, tema May Day 2019 ini adalah "Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi Jujur Damai". Kaum buruh diminta berpartipasi aktif mengawal form C1 KPU di daerahnya masing-masing untuk mencegah kecurangan, khususnya kepada paslon Prabowo-Sandi.

"Kaum buruh mempunyai kepentingan memastikan pemilu harus jujur, Pilpres dan pileg. Tidak boleh ada kecurangan, manipulasi data, dan tidak merugikan paslon," terangnya.

"KSPI berkeyakinan Prabowo-Sandi menang," sambung dia.

Iqbal menuturkan, sebanyak 40 ribu lebih massa buruh akan menghadiri acara May Day KSPI di Tennis Indoor Senayan. Sementara di kota-kota industri lainnya buruh akan turun ke jalan menyerukan tuntutannya di depan kantor gubernur masing-masing.

Berikut tuntutan lengkap massa buruh KSPI di May Day 2019:

  1. Tolak Upah Murah – Cabut PP 78/2015 – Naikkan Komponen KHL Menjadi 84 Item.
  2. Hapus Outsourcing dan Pemagangan yang Berkedok Outsourcing.
  3. Tingkatkan Manfaat Jaminan Kesehatan dan Jaminan Pensiun.
  4. Turunkan Tarif Dasar Listrik dan harga Sembako.
  5. Tingkatkan Kesejahteraan dan Pendapatan Guru dan Tenaga Honorer serta Pengemudi Ojek Online (Ojol).

Selain itu, demi tegakkan demokrasi yang jujur dan damai, KSPI menyerukan kepada kaum buruh untuk ikut serta mengawal form C1 di KPU wilayah masing-masing.

Sumber : Okezone.com