Advertisement

Tiga Anak Amien Rais Kemungkinan Besar Jadi Anggota Dewan

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 24 April 2019 - 22:42 WIB
Budi Cahyana
Tiga Anak Amien Rais Kemungkinan Besar Jadi Anggota Dewan Amien Rais - Antara/M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tiga anak politikus PAN, Amien Rais, kemungkinan besar menjadi wakil rakyat. Hanafi Rais dan Hanum Salsabiela Rais dipastikan menjadi anggota legislatif periode 2019-2024. Sementara, Ahmad Baihaqy Rais diperkirakan melaju ke kursi parlemen.

Hanafi lolos menjadi anggota DPR, Hanum menjadi anggota DPRD DIY, sedangkan Ahmad Baihaqy di ambang menemani saudarinya, Hanum, sebagai anggota DPRD DIY.

Advertisement

Dalam Pemilu 2019, empat putra dan putri Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut turun gelanggang. Selain Hanafi, Hanum, dan Ahmad Baihaqy, anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, menjadi calon wakil rakyat, maju sebagai bakal anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VI. 

Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengatakan Hanafi dan Hanum Salsabiela Rais melaju ke kursi Dewan.

Ahmad Baihaqy

Sementara, menurut keterangan Bendahara DPC PDIP Kulonprogo Akhid Nuryati, Ahmad Baihaqy Rais kemunginan lolos ke DPRD DIY. Proyeksi terebut berdasarkan perhitungan Akhid tentang penambahan perolehan kursi PDIP untuk DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo dan perbandingannya dengan partai lain.

Berdasarkan estimasi internal PDIP untuk perolehan kursi DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo, PDIP akan menambah lagi jumlah kursinya. Penambahan itu menggeser posisi Partai Demokrat yang sebelumnya menempatkan wakil dari Dapil 4 Kulonprogo di DPRD DIY.

“Kami nambah satu kursi, selain petahana yang tetap, ada juga satu kursi diraih Novida Kartika Hadhi,” ujar Akhid Nuryati, Rabu (24/4/2019).

Posisi Nunung Ida Mundarsih dari Partai Demokrat yang tahun lalu mendapat kursi DPRD DIY kini diperkirakan akan digantikan. Untuk partai lainnya, masing-masing satu kursi akan tetap didapatkan.

Artinya, perolehan kursi DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo berasal dari du kursi PDIP, serta masing-masing datu kursi dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB. Hanya Partai Demokrat yang tergeser.

Beberapa petahana juga diprediksi terlempar. PAN yang pada 2014-2019 mewakilkan Hamam Mutaqim kemungkinan besar akan mewakilkan Ahmad Baihaqy Rais.

Begitu juga dengan Partai Gerindra yang sebelumnya mengirimkan Albani, kini akan menenpatkan Ika Damayanti Fatma Negara. Lalu, perwakilan Partai Golkar yang sebelumnya diisi oleh Sukarman, kini ditempati Lilik Syaiful Ahmad.

PKB yang sebelumnya diwakili Soleh Wibowo, kini diperkirakan akan ditempati Hifni Muhammad Nasikh. Kursi PKS yang sebelumnya didukuki oleh Nur Sasmito akan diisi pendatang baru karena Nur Sasmito naik menjadi caleg DPR.

*Berita ini telah dikoreksi pada pukul 23.00 WIB karena ada kesalahan penyebutan kursi DPRD untuk Hanum Rais. Seharusnya Hanum Rais menjadi caleg DPRD DIY bukan DPRD Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement