Hanafi dan Hanum Rais Lolos Jadi Wakil Rakyat

Hanum Rais - Instagram Hanum Rais
24 April 2019 21:02 WIB Abdul Hamied Razak News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hanafi Rais dan Hanum Salsabiela Rais, putra dan putri Amien Rais, dipastikan menjadi wakil rakyat periode 2019-2024.

Hanafi lolos menjadi anggota DPR, sedangkan Hanum menjadi anggota DPRD DIY. Adapun perolehan suara dua anak Amien Rais lainnya yang menjadi calon anggota legislatif (caleg), yakni Ahmad Mumtaz Rais dan Ahmad Baihaqy Rais belum diketahui.

Dalam Pemilu 2019, empat putra dan putri Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut turun gelanggang. Anak pertama Amien Rais Ahmad Hanafi Rais nyaleg sebagai anggota DPR. Hanafi adalah caleg petahana PAN.

Adapun, anak kedua Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais maju sebagai calon anggota DPRD DIY dari Dapil Sleman Timur. Anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, menjadi calon anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VI. Sementara, Ahmad Baihaqy Rais, menjadi calon anggota untuk DPRD DIY dari Dapil Kulonprogo.

Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengatakan hasil perolehan suara PAN di wilayah DIY hanya bisa memberi tiket kepada Hanafi Rais untuk kembali terpilih sebagai anggota DPR 2019-2024. Sejauh ini, perolehan suara sementara PAN pada Pemilu 2019 baru mencapai 10%. “Hitungan kami masih bisa meraih 13,5 persen. Secara hitung-hitungan tetap satu nama yakni Mas Hanafi Rais yang jadi,” katanya kepada Harian Jogja, Rabu (24/4).

Selain Hanafi, kata Nazar, Hanum Salsabiela Rais juga menjadi salah satu nama yang bakal menjadi anggota DPRD DIY.

“Dua putra Pak Amin Rais lainnya yang juga maju pada Pemilu 2019, seperti di Magelang [Ahmad Mumtaz Rais] dan Kulonprogo [Ahmad Baihaqy Rais], saya belum dapat informasi,” ujar Nazarudin.

Dia mengatakan suara PAN pada pemilu tahun ini kurang bagus sebagai dampak dari gencarnya praktik politik uang yang dilakukan caleg-caleg dari partai lainnya. Namun, Nazar enggan menyebut partai mana yang melakukan praktik tidak terpuji tersebut. “Ya kita tahulah, bagaimana pada pemilu sebelumnya hanya punya dua kursi pada pemilu tahun ini bisa mendapatkan lima sampai tujuh kursi.”

*Berita ini telah dikoreksi pada pukul 23.00 WIB karena kesalahan penyebutan kursi DPRD untuk Hanum Rais. Hanum semestinya menjadi caleg DPRD DIY, bukan DPRD Sleman.