Selain Hanafi Rais, Ini Dua Politikus DIY yang Hampir Pasti Melenggang ke Senayan

Ilustrasui rapat paripurna DPR. - JIBI/Bisnis Idonesia/Dwi Prasetya
24 April 2019 21:52 WIB Abdul Hamied Razak News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejauh ini sudah tiga politikus dari DIY yang hampir pasti lolos ke Senayan. Selain Hanafi Rais, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Agus Sulistiyono dan politikuss Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Subardi alias Mbah Bardi diperkirakan menjadi wakil rakyat di DPR.

Ketua Nasdem DIY Subardi optimistis bisa menyumbang minimal satu kursi DPR pada pemilu tahun ini. Keyakinan itu muncul karena torehan suara Nasdem pada Pemilu 2019 melonjak tinggi. “Ini artinya, masyarakat sudah mulai mencintai Nasdem. Ini dapat dilihat dari naiknya perolehan suara Nasdem DIY dari Pemilu Legislatif 2014 ke 2019. Itu saja kuncinya,” kata Mbah Bardi kepada Harian Jogja, Rabu (24/4/2019).

Subardi adalah calon anggota legislatif (caleg) nomor urut 1 dari Partai Nasdem sehingga kemungkinan dia menjadi wakil rakyat di DPR sangat besar. Ihwal kemungkinannya lolos ke Senayan, Mbah Bardi menjawab diplomatis. “Saya tidak memikirkan itu. Yang jelas, masih menunggu penghitungan dari KPU. [Perolehan suara] Ini atas semua usaha, kerja sama, dan semua kinerja kader dan pengurus selama ini,” katanya.

Ketua Bappilu Partai Nasdem Kota Jogja Dwi Candra Putra mengantakan perolehan suara Nasdem di tingkat Kota Jogja diprediksi akan membawa caleg-caleg baru untuk duduk di kursi DPRD Kota Jogja.

“Berdasarkan hitungan kami, ada empat caleg Nasdem yang akan duduk di DPRD Kota Jogja. Untuk provinsi belum kami rekap semua,” katanya.

Terpisah, Agus Sulistiyono yang kembali maju pada Pemilu 2019 kembali terpilih untuk menjadi anggota DPR 2019-2024. Kepastian tersebut berdasarkan hasil perolehan suara politisi nomor urut 1 PKB itu pada Pemilu 2019. “Untuk PKB, alhamdulilllah, hanya saya dari PKB untuk Dapil DIY [yang lolos ke DPR],” kata Ketua DPW PKB DIY ini.