Advertisement

BPJS Kesehatan Defisit, Pasien Bisa Terlambat Ditangani

Newswire
Minggu, 31 Maret 2019 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
BPJS Kesehatan Defisit, Pasien Bisa Terlambat Ditangani Ilustrasi petugas melayani calon pasien menyelesaikan proses administrasi di RSUD Jati Padang, Jakarta, Senin (7/1/2019). - Antara/Aprillio Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Defisit keuangan di BPJS Kesehatan banyak berdampak terhadap layanan kesehatan pasien. Pasien bisa terlambat ditangani dan kondisi kesehatan pun menjadi taruhan.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih memaparkan defisit keuangan yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berdampak pada rumah sakit hingga pasien.

Advertisement

Daeng, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (31/3/2019), mengatakan defisit keuangan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional paling banyak berdampak pada pelayanan fasilitas kesehatan kepada pasien.

“Defisit ini paling banyak menyebabkan kualitas pelayanan. karena kalau defisit enggak dibayar kemudian rumah sakit gagal bayar ke pihak ketiga,” kata Daeng.

Rumah sakit menunggak pembiayaan obat-obatan dan peralatan kesehatan penunjang seperti obat-obatan dengan bahan habis pakai. Apabila obat tidak ada akan menghambat kerja dokter dalam menangani pasien.

Jika suatu rumah sakit tidak bisa menangani pasien karena keterbatasan obat-obatan dan peralatan, pasien akan dirujuk ke rumah sakit lain.

Dalam kondisi itu, pasien akan dirugikan karena terlambat ditangani dan kondisi kesehatannya pun menjadi tidak pasti.

“Penanganan pasien itu kan ada masa emasnya, kan ada golden period-nya. Itu yang bisa hilang,” jelas Daeng.

Selain itu, masalah keuangan pada BPJS Kesehatan juga berimbas pada tenaga kesehatan yaitu dokter dan perawat yang tertunggak dibayarkan jasanya. Oleh karena itu Daeng menegaskan penyelesaian dalam masalah keuangan pada Program JKN yang paling mendesak adalah mengatasi defisit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement