Tak Hanya Sesi Penutup Debat, Ini Keakraban Jokowi-Prabowo Selama Ini ...

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
31 Maret 2019 10:57 WIB Lalu Rahadian News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Suasana yang akrab ditunjukkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan 02, Prabowo Subianto pasca saat sesi penutupĀ debat keempat pilpres, Sabtu (30/3/2019) malam.

Jokowi mengawali dengan menyebut persahabatan dirinya dengan Prabowo tak akan putus karena pemilu.

"Pak Prabowo saya ini senang naik sepeda, saya senang sepeda dan sering ketika naik sepeda rantainya putus. Tapi percayalah pada saya, Pak Prabowo, bahwa rantai persahabatan kita tidak akan pernah terputus. Juga tali persahabatan saya, Pak Ma'ruf Amin dengan Pak Pabowo dan Pak Sandiaga Uno," tutur Jokowi.

Pernyataan itu disambut Prabowo yang mengakui bahwa dirinya bersahabat dengan Jokowi. Menurut Prabowo, perbedaan dirinya dan Jokowi hanya tentang kenegaraan.

Prabowo menyatakan perbedaan itu merupakan bagian demokrasi. Dia lantas meminta maaf pada Jokowi jika selama berdebat terkesan menyampaikan kata-kata bernada tinggi.

"Kadang-kadang maaf, Pak, suara keras suara saya ini setengah Banyumas, setengah Minahasa. Bapak kan Solo, halus, jadi kalau kalau Banyumas ini apa itu Batak-nya orang Jawa," ujar Prabowo.

Momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo sebenarnya bukan barang baru. Jauh sebelum tahapan pemilu 2019 dimulai, kedua tokoh ini sering menunjukkan sikap menghormati dan menghargai satu sama lain.

Pada perhelatan Asian Games 2018 misalnya, Jokowi dan Prabowo terlihat akrab saat menonton pertandingan final pencak silat di Padepokan Silat TMII, Jakarta. Mereka bahkan sempat berswafoto dan mengambil video yang kemudian diunggah di akun sosial media maaing-masing.

Pada saat yang sama, Jokowi dan Prabowo juga sempat berpelukan. Pelukan mereka tercipta pasca atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya. Pelukan kala itu dibalut bendera merah putih.

Bersama Menunggangi Kuda dan Menunggu Nomor Urut

Jokowi dan Prabowo juga sempat bersama-sama menaiki kuda seusai bertemu di kediaman Prabowo pada kawasan Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Oktober 2016. Saat itu, Jokowi sengaja datang ke kediaman Prabowo untuk menunaikan janjinya.

Momen berkuda itu juga diunggah pada laman media sosial kedua tokoh. Saat menunggangi kuda masing-masing, Jokowi dan Prabowo sama-sama mengenakan topi seperti koboi.

Kedua kontestan di pemilu presiden 2014 itu bertemu lagi di Istana Merdeka, Jakarta, November 2016. Saat itu, Jokowi dan Prabowo terlihat berbincang tanpa ketegangan di sofa.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo pada 2016 itu terjadi saat sejumlah rangkaian aksi digelar di DKI Jakarta. Aksi-aksi yang digelar kala itu menuntut penegakan hukum atas kasus penodaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pada tahap awal pemilu 2019, kedua tokoh ini juga terlihat saling tertawa sebelum melakukan pengundian nomor urut pada September 2018. Momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo kala itu diambil di Kantor KPU RI.

Sumber : bisnis.com