Jelang Lebaran, Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis

Pemudik sepeda motor. - Bisnis Indonesia/Rachman
14 Maret 2019 23:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Tiga bulan menjelang Lebaran, Kementerian Perhubungan membuka angkutan motor gratis Lebaran 2019 dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogja.

"Minat masyarakat untuk mengikuti program ini sangat besar, sehingga tahun ini kita adakan lagi sekalipun dengan jumlah kuota yang sama tahun 2019 dibanding 2018 yaitu 18.096 sepeda motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi kepada pers di Jakarta, Kamis (14/3/2019). 

Dikatakan, Pembukaan pendaftaran peserta program motor gratis (motis) sebenarnya sudah mulai dibuka Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019. Peserta motis, katanya, dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow/dari daerah, pendaftaran dimulai dari tanggal 28 April hingga 12 Juni 2019.

Beberapa stasiun yang telah menerima pendaftaran motis secara langsung adalah Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran. Juga Stasiun Cikarang, dan Stasiun Kiara Condong. Sedangkan untuk Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis.

Dikatakan Zulmafendi, peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret–13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal tiga tiket. "Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia," katanya.

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis, katanya, akan dimulai pada tanggal 27 Mei-2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 8 Juni-13 Juni 2019.
 

Sumber : antara