Satu Rumah dan RS Rusak Akibat Gempa di Kepulauan Aru

Ilustrasi titik gempa bumi pada Jumat (30/11/2018) dini hari. - Ist/ BMKG
26 Januari 2019 21:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang Kepulauan Aru, Maluku, pada Sabtu (26/1/2019), sekira pukul 15.12 WIB. Peristiwa itu menyebabkan satu rumah dan satu rumah sakit rusak akibat gempa. BMKG memastikan gempa itu tak berpotensi menyebabkan tsunami tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan guncangan gempa dirasakan kuat selama 5 detik oleh masyarakat. Akibat guncangan itu, lanjut Sutopo, masyarakat panik keluar rumah.

 “Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/1/2019).

Ia menjelaskan, BPBD Kepulauan Aru langsung mendata kerusakan dampak getaran gempa tersebut. Selain itu, petugas BPBD setempat juga memberikan imbauan kepada warga agar tetap tenang pasca-diguncang gempa yang berlokasi titik koordinat 133,81 Bujur Timur (BT) dan 5,51 Lintang Selatan (LS).

“Kondisi saat ini sudah kondusif. Masyarakat sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Tidak ada masyarakat yang mengungsi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, akibat gempa tersebut sebanyak 1 rumah dan 1 rumah sakit rusak ringan. Namun, tak ada korban jiwa akibat gempa yang berpusat 10 km dengan berjarak 112 km barat laut Kepulauan Aru tersebut.

Sumber : Okezone.com