Polisi Siap Antisipasi Massa Simpatisan Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. - Antara/Seto Wardhana
21 Januari 2019 21:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Polri akan tetap melakukan sejumlah antisipasi pengamanan dan penjagaan saat proses bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 24 Januari 2019 mendatang di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Meskipun tak melakukan pengamanan khusus, Polisi tetap mengantisipasi adanya pergerakan massa atau simpatisan yang ingin ikut menjemput Ahok saat menghirup udara bebas

"Untuk pembebasan Pak Ahok, itu masuk domain Ditjen Pas. Langkah kepolisian hanya monitoring saja," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Dedi menekankan, pihaknya hanya mengantisipasi adanya pergerakan massa simpatisan Ahok di sekitar Mako Brimob. Polisi mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang ditimbulkan dari kumpulan massa tersebut.

"Hanya cukup Polres Depok dan Polsek Cimanggis saja [yang mengamankan]. Antisipasi ada Ahoker atau pendukungnya, kita antisipasi jangan sampai kerawanan malah terjadi. Kehadiran polisi hanya memitigasi kerawanan yang bisa terjadi di sana," papar Dedi.

Dalam akun twitternya, Ahok sebelumnya telah mengimbau kepada pendukungnya untuk tidak melakukan penyambutan pada hari bebasnya nanti. Imbauan itu ia sampaikan melalui surat yang diunggah di akun Instagram @basukibtp.

Dia tidak ingin penyambutan tersebut justru menggangu aktivitas dan ketertiban masyarakat lain. Apalagi jika massa pendukung sampai bermalam di tepi jalan.

Sumber : Okezone.com