Ini Kisi-Kisi Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2018 dari BKN

Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). - Antara/Umarul Faruq
26 November 2018 22:37 WIB Muhammad Ridwan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 segera masuk tahap  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Beberapa waktu lalu Badan Kepegawaian Negara telah memberikan kisi-kisi terkait dengan SKB.

Pelamar harus memperhatikan jenis jabatan atau formasi yang akan dipilih, ada dua jenis jabatan atau formasi, yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Untuk itu pelamar harus memahami jenis jabatan atau formasi yang dilamar.

Apabila sudah memahami jenis jabatan dan formasi, untuk JFT pelamar bisa mencari Permenpan RB yang sesuai dengan JFT yang dilamar, BKN menyampaikan, materi Sistem Kompetensi Bidang tidak jauh dari Permenpan RB tersebut.

 Selanjutnya, bagi pelamar untuk jabatan atau formasi JP, materi bisa dilihat melalui Permenpan RB 25/2016 tetang Nomenlaktur JP. BKN menyampaikan bahwa pelamar bisa membayangkan materi SKB melalui materi tersebut.

Selain itu, untuk pelamar yang mendaftar di Kementerian atau Lembaga pusat, dimungkinkan akan dilakukan tes wawancara dan kesamaptaan pada tahap SKB yang nantinya akan diumumkan oleh masing-masing instansi.

 Pada beberapa Kementerian dan Lembaga, tes kesamaptaan dimungkinkan untuk dilakukan, kesamaptaan sendiri adalah tahap seleksi seperti tes fisik atau tes kesehatan.

 “Kira-kira SKBnya seperti ini meskipun tidak semuanya. Kami berharap dengan begitu teman-teman bisa cari sendiri di google di materi-materi dan sebagainya,” ujar Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi, Senin (26/11/2018).

Sumber : Bisnis.com