Advertisement

Menhub Laporkan 19 Data Hasil Unduhan Black Box Lion Air JT610

Newswire
Kamis, 22 November 2018 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
 Menhub Laporkan 19 Data Hasil Unduhan Black Box Lion Air JT610 Black box Lion Air PK-LQP penerbangan JT 610 . - Okezone/Arif Julianto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan hasil unduhan flight data recorder (FDR) black box pesawat Lion Air PK-LQP penerbangan JT610 yang jatuh di perairan Karawang 29 Oktober lalu.

Ia mengatakan flight data recorder (FDR) Lion Air PK-LQP sudah berhasil diunduh oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Dari hasil unduhan itu, ia memaparkan, didapat data 19 penerbangan, termasuk nomor penerbangan JT 610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang.

Advertisement

"Pada 1 November FDR yang telah berhasil ditemukan, pada 4 November data FDR telah berhasil diunduh. Dari FDR berhasil diperoleh sebanyak 1.790 parameter dari 69 jam terdiri dari 19 penerbangan, termasuk yang mengalami kecelakaan," papar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Budi mengatakan, keberhasilan pengunduhan data FDR Lion Air PK-LQP melibatkan sejumlah pihak, mulai dari perusahaan Boeing hingga sejumlah lembaga keselamatan transportasi dari negara lain di antaranya National Transportation Safety Board (NTSB) dari Amerika Serikat dan Australia Transport Safety Biro dari Australia.

"Pihak-pihak ini sudah berada di Indonesia dan bersama KNKT melakukan kegiatan investigasi sesuai amanat ICAO [International Civil Aviation Organization]," ucapnya.

KNKT, lanjut Budi, tetap akan melakukan investigasi untuk menelusuri penyebab kecelakaan ini. Termasuk, kata Budi KNKT sampai saat ini tetap melakukan pencarian cockpit voice recorder (CVR).

"KNKT terus melakukan pencarian CVR," pungkasnya.

Pesawat Lion Air JT 610 tipe Boeing 737 Max 8 bernomor registrasi PK-LQP jatuh di perairan Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober setelah dilaporkan hilang kontak.

Pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta (Banten) menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang (Bangka Belitung) itu membawa 189 orang, yang terdiri atas penumpang serta pilot dan awak pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement